Selasa, 28 April 2009

SUNSET DI HATIKU


salah satu lagu kenangan, simak dulu liriknya :


mentari meredup, bias cakrawala

warna-warni kehidupan

yang selalu berubah, dan berubah,

terus berubah



kadang hitam, kadang putih

merah api lalu kuning

biru ungu lalu jingga

selalu berubah, dan berubah

terus berubah



perlahan tenggelam, perlahan menghitam

perlahan-lahan mulai menghilang

dan semakin menghitam dan menghitam

dalam kegelapan



kadang hitam....



sunset di hatiku, sunset di jiwaku

sunset di benakku, sunset di dalam darahku



Judulnya sunset, penyanyinya imanez. Sekarang beliau sudah wafat. Sebuah lagu cinta bagiku, meski bukan sejenis lagu romantis. Namun kemellowannya itu lebih sendu dari lagu cinta apapun. Emang sudah lama banget. 12 tahun silam.



Kalo kita simak isinya, dibolak-balik, dikunyah-kunyah, dicerna, dan sebagainya, ketahuan deh bahwa lagu ini isinya filosofis dan simbolik sekali. Sunset yang biasanya kita temui di pantai-pantai atau dibalik gunung, bagi imanez ia bisa juga diam di hati kita, di jiwa kita, di benak kita, dan bahkan di darah kita. Artinya sunset itu hampir ada di seluruh tubuh kita. Bukankah semua tubuh kita terdiri dari darah di mana-mana.



Maksudnya apa, ya ? Kita harus memperhatikan bait-bait pertama lagu ini. Seputar kehidupan yang tidak tetap, berwarna-warni, seperti halnya cahaya matahari yang terbiaskan menjadi beberapa warna. Ya seperti itulah hidup. Selalu berubah dan itu hokum alam. Terus berubah tanpa kita sadari, tanpa kita mengerti. Ada saatnya hitam, putih, merah, jingga dan seterusnya. Pokoknya bakal berubah-ubah deh.



Lalu ada saatnya ketika hidup ini sedang hitam, dia malah hitam pekat, semakin pekat. Bahkan hitam pekat dalam gelap. Artinya sukar lagi didefinisikan. Tapi bisa juga warnanya ke arah putih cahaya. Namun tidak selamanya tentu saja. Ketika proses hitam, mungkin disinilah maksud imanez yang dimaksud dengan sunset. Proses tenggelam dan menghilang. Atau bisa juga ketika proses putih.



Apapun, lagu ini asyik banget di telingaku. Apalagi kalau ada gitar akustik. Selain lagu ini di album itu (anak pantai) ada juga lagu yang mirip-mirip ini, judulnya by my side.

Tidak ada komentar: