Kamis, 16 April 2009

lagu-lagu jadul, borobudur

borobudur, salah satu dari keajaiban dunia yang telah ditetapkan oleh Unesco. meskipun kini kedudukannya digeser oleh warisan dunia lainnya. di tahun 84-85an, lagu ini mulai populer. aku saat itu kelas dua sd. masih ingat juga, erwin dan ricky, teman sd ku menyanyikan lagu ini saat pelajaran nyanyi. di saat yang lain nyanyi lagu perjuangan, mereka pd aja nyanyi lagu pop bernuansa nasionalis ini. aku juga saat itu udah suka lagu ini. biasanya gambar umbul jaman dulu belakangnya ada teks lagu. nah, di gambar umbul, lagu ini ada di belakang gambar no 8 (superman, yang no satunya hap ki do, gak apa-apa bingung juga soalnya ini hanya ada di ingatanku tentang gambar umbul gunung kelud). oh ya masih ingat juga, temenku ini menyanyikan lagu dengan penuh ekspresi dan gaya. sementara yang mengaitkanku dengan lagu ini adalah koleksi gambar umbulku yang penuh dengan teks lagu bagian belakangnya itu.

ini dia liriknya :

....

borobudur
dipopulerkan oleh : nola tilaar (alm) dan euis darliah

musim kian berganti musim
kembali sejarah mencatat kejayaanmu
untuk yang kedua kalinya
mahkota gerhana mentari melintasimu

bridge :
hati kami tersentuh memandangmu
untuk sadar melestarikanmu
agar tak punah dari ganasnya alam
juga tangan-tangan jahil merusakmu ohh

borobudur candi yang paling termegah
diantara tujuh keanehan dunia ah ah ah
borobudur peninggalan nenek moyang kita
lambang tinggi kebudayaan bangsa indonesia ahhh

reff :
sya lala la la la borobudur tercinta
termasyur di mata seluruh penjuru dunia
sya lala la la la borobudur tercinta
kebanggaan bangsa indonesia

ke bridge, reff

....

sementara dari segi isi cerita sendiri lagu ini menunjukkan jiwa nasionalisme yang tinggi dari penggubahnya. konon lagu ini juga menjadi juara di festival internasional. lagunya emang catchy dan ada nuansa-nuansa etnisnya. komposisi vokal duetnya juga renyah banget. kompak dan oke. diceritakan bahwa borobudur ini adalah warisan nenek moyang kita yang ternyata udah berbudaya tinggi sejak dulu. terbukti dengan mampunya beliau-beliau membangun bangunan semegah borobudur. untuk lebih lengkapnya search aja di google atau wikipedia. ditambahkan pula peristiwa waktu terciptanya lagu ini yakni ketika gerhana matahari total atau lebih dikenal dengan GMT. inget banget, itu jaman-jamannya aku tk. heboh banget waktu itu karena semua media memberitakannya. 11 juni 1983, dan saat itu sekolahku diliburkan. asyik banget, enggak boleh keluar rumah siang-siang supaya nggak terkena gerjhana yang konon bisa menyebabkan kebutaan. ayah nonton gerhananya di tvri. terus yang kuingat siang-siangnya jam duaan, anak-anak pada ngumpul di lapang pak soma seberang rumah sambil ngobrolin gmt. aku yang masih imut cuma ikut-ikutan aja. anak-anak lalu pada main bola sepak. asyik banget waktu itu.

yap ,begitulah serba-serbi lagu borobudur yang sempat kuingat meskipun jadi ngacapruk kana GMT. btw, saya baru dua kali mengunjungi borobudur. pertama waktu study tour smp, kedua study tour sma. dua-duanya jaman kelas tigaan semster ganjil. klise banget kan. hampir dipastikan pengalaman kita terutama teman-teman seangkatan seragam seperti ini. kita cuma bisa berwisata manakala sekolah ngadain study tour. maklumlah golongan menengah ke bawah, piknik yang jauhnya jarang-jarang, nunggu kolektipan. entah kalo sekolah gak punya inisiatif kayak gini. pasti kita kalah sama orang bule yang udah muterin indonesia berkali-kali.

14 april 2009

Tidak ada komentar: