Senin, 27 April 2009

school saga

Bagian Satu


Ulangan fisika bab dua ini akhirnya selesai juga ‘Di kerjakan. Meski nggak terlalu yakin jawabannya bakal bener semua, ‘Di serahkan juga dua lembar kertas jawaban itu. Lalu bergegas keluar ruangan kelas menyusul beberapa temannya yang telah lebih dulu menyelesaikan pekerjaannya. Di kelas masih ada beberapa orang yang dengan tekun mengerjakan soal-soal ulangan tersebut. Waktu ulangan memang masih seperempat jam lagi.

Habis fisika ini sebenarnya nggak jam istirahat, anak-anak disuruh menunggu di luar sampai jam pelajaran fisika ini usai. Biasa, agar tidak mengganggu teman lain yang belum selesai. ‘Di juga Cuma duduk-duduk bareng teman-teman yang lain sambil nonton anak-anak kelas satu yang lagi pada dapat pelajaran olah raga basket. Beberapa teman ‘Di meyempatkan diri mengunjungi kantin, mumpung lagi sepi kata mereka.

Jam pelajaran fisika untuk kelas ‘Di ditaruh di dua jam pertama, masih pagi benget, masih seger-segernya. Malahan kata Bu Ami yang mengajar fisika, kelas ‘Di termasuk beruntung karena pelajaran yang susah ditaruh pada jam pagi, jadi otak kita masih seger. Tapi lain lagi pendapat anak-anak, masih ngantuk-ngantuknya disuguhi fisika gimana pelajaran mau masuk. Belum lagi kalau terlambat datang ke sekolah, tambah sial lah.

Tapi anak-anak kelas ‘Di akhirnya pasrah aja dengan ketentuan jadwal tersebut, itu kan kebijakan sekolah, lagian sekolah sendiri kan sebenarnya bingung juga nerapin jadwal untuk 24 kelas di sekolah tersebut. Dan memang pada akhirnya setelah dijalani, ya lancar aja seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah ‘Di. Maksudnya yang terlambat masuk kelas juga lancar he he he.

Habis fisika ini dilanjutkan pelajaran bahasa inggris sampai jam istirahat. Dan menurut KM kelas ‘Di, Abdul , Guru yang biasa mengajar Inggris berhalangan hadir, Cuma nitipin tugas ke guru piket. Terang aja dua jam ke depan bablas.

“ ‘Di , ngantin yu !“ sebuah sumber suara ngagetin ‘Di yang lagi merenungin hasil jawaban fisika ( yang setelah ngupingin diskusi anak-anak pinter kelas ‘Di tenyata jawabannya pada jeblok semua).

‘Di pura-pura kaget, dan menoleh ke suara jelek milik Nunu temannya.

“ Nggak ah Nu, lu aja diri, gua mah nanti pas jam resminya” tolak ‘Di.

Nunu ngeloyor pergi.

Padahal ‘Di cuma pingin konsen aja, ke fisika ? Bukan jangan buru-buru nuduh. ‘Di lagi konsentrasi merhatiin cewek kelas satu yang punya wajah manis, yang lagi o-er, yang tadi barengan dia di angkot, dan belum sempat kenalan. ‘Di masih penasaran.

“San, yang lagi o-er ini kelas satu apa sih ?” tanyanya pada Ihsan yang sama-sama menikmati anak-anak kelas satu yang lagi menikmati pelajaran olah raga itu.

“ Satu dua, …. Lucu-lucu ya, ‘Di ?”

“ Cowoknya, San ?”

“ Cowoknya mah buat elo…”

“ Eh, San yang lagi megang bola basket, lo kenal ?” tunjuk ‘Di pada sesosok tubuh manis, tentu aja cewek yang lagi ‘Di penasaranin.

“ Tahu, namanya Yanto…” jawab Ihsan sekenanya.

“ Bukan yang cowoknya, dodol ! yang sebelahnya tuh, tuh yang lagi lay up shoot , tembak… ah, sayang gak masuk ! “

Ihsan nyengir, “ Nggak tahu , tuh . Tanyain diri, gih !”

“Malu ah, banyak orang…” sahut ‘Di sambil berdiri dan ngeloyor, Ihsan ngikutin. Bel jam ketiga udah berkumandang. Mereka harus segera masuk kelas lagi. Tapi lumayan mata jadi segar lagi dan pikiran adem lagi untuk mengikuti pelajaran berikutnya. Soalnya jarang-jarang bisa cuci mata kayak begini. Biasanya pada jam segini mereka sedang berjuang-juangnya menghadapi ganasnya fisika (uih, bahasanya !). Atau nyuri-nyuri waktu untuk merem nerusin tidur semalam ( tapi biasanya nggak ada anak yang bertahan lama merem, karena langsung dibentak Bu Ami ).

Di kelas lagi, tugas Inggrisnya ternyata gampang banget. Bukan,. bukan karena soal-soal yang diberikan modelnya ‘this is a book, dat is a bok’ kayak gitu, di SMU nggak ada lagi guru yang nekat ngasih pelajaran Inggris kayak gitu. Tapi dikarenakan anak-anak kelas ‘Di pada kreatif nyari jawaban ke kelas yang sebelumnya ada pelajaran Inggris. Dan itulah kelas sebelah ‘Di.

Sejak bel tadi beberapa anak kelas sebelah asik ngimfo ke kelas ‘Di. Kebetulan sehabis istirahat nanti mereka pada ulangan fisika juga. Dan bukan kebetulan pula mereka telah mengerjakan tugas Inggris pada jam satu dan dua. Jadilah mereka saling tukeran jawaban. Sehingga belum setengah jam tugas Inggris ‘Di udah selesai. Teman-teman ‘Di juga hampir setengahnya udah selesai ngerjain. Biasa kalo nyontek pasti lancar banget.

Tapi nggak semuanya nyontek, ding. Nama-nama seperti Beni, Tedi, Kris atau Tina masih bisa ngerjain sendiri. Anak-anak lima besar emang lebih percaya pada kemampuannya sendiri. ‘Di juga bukannya nggak bisa ngerjain diri soal-soal tersebut, hanya dia lagi ada misi yang boleh dilewatkan. Jadi dia harus cepat-cepat nyelesainnya. Tuh, lihat dia lagi kompakan bareng Ihsan nongkrong dekat jendela, lihat anak-anak kelas satu yang pada o-er.

Ceritanya mereka lagi ngelanjutin ngeceng tadi yang sempat tertunda.

Teman-teman ‘Di yang lain pada ikutan nonton di jendela. Kelas ‘Di emang strategis banget. Tiga buah jendela kelas cukup buat memenuhi hasrat kelaki-lakian cowok-cowok tiga ipa tiga tersebut. Lapang o-er terlihat jelas dari kelas mereka. Mereka tidak berani keluar kelas untuk niat tersebut karena guru piket merhatiin kelas ‘Di dari tadi. Lagian kasian Abdul, sang KM yang sering ditegor guru piket, kalo anak buahnya pada berkeliaran.

Di jendela yang ditongkrongi ‘Di bertambah dua mahluk lagi, Nunu dan Saman.

“Yang rambutnya diikat dua seksi, ya!” komentar Nunu

“Ih, seksian yang pake topi “ sela Ihsan

‘Di nggak mau ketinggalan,” Seksian yang lagi berdiri deket tiang ring basket, itu tuh… toketnya gede, bokongnya gede !” Nakal, ya.

“Tapi ada yang lebih seksi lagi….” Kali ini Saman angkat bicara. “ Tuh yang lagi bawa buku tulis banyak…”

“ Yang mana, Man…..” anak-anak lainnya penasaran juga, setahu mereka di lapang tidak ada yang lagi bawa buku.

“Ini, nih… yang bentar lagi lewat di depan elo-elo !” suara Saman dipelanin sambil matanya memberi isyarat ke samping.

Bu Dewi, guru bahasa Indonesia !

Anak-anak buru-buru nutup tirai jendela, sebagian jongkok sambil cengar-cengir. Nunu udah sakit aja nahan ketawa. Ada-ada aja si Saman ini, guru dikomentarin.

Sebentar kemudian anak-anak tersebut udah nerusin aktivitasnya lagi. Ngomentarin ini itu. Yang baju o-ernya kegedean lah, yang dribble bolanya salah melulu, ataupun yang toketnya kekecilan (hus !).

Sebagian anak-anak kelas’Di udah pada keluar kelas, sebentar lagi bel istirahat bakal bunyi. Biasanya kalo mau istirahat gini, guru piket juga nggak ada yang negor, udah pada maklumin.

Dan anak-anak yang pada ngalong di jendela pun satu persatu mulai meninggalkan jendela kesayangan tersebut. Semua pada ngacir ke kantin, mumpung belum penuh kantinnya. Biasanya kalo udah bunyi belnya, tuh kantin sering tidak muat ngelayanin anak-anak se-sekolah yang pada berebutan pingin duluan makan. Dan akhirnya yang ketelatan datang suka nempatin daftar tunggu. Kayak ibadah haji di Indonesia aja, ya.

“ Tunggu, Nu….” ‘Di berlari ngikutin Nunu duluan menuju kantin. Tak habis pikir ‘Di, bukannya Nunu ini tadi udah ke kantin, pagi sebelum masuk kelas juga ‘Di ngelihatnya udah nongkrong di kantin. Kaya ‘kali Nunu, pikir ‘Di.

Mereka berdua tiba di kantin X. Oh, ya di sekolah ‘Di sini, kantin resminya ada tiga buah. Masing-masing dinamain kantin X, Y, dan Z (kayak pelajaran matematika, ya). ‘Di juga enggak tahu kenapa dinamain begitu. Katanya nama tersebut udah ada sejak beberapa generasi sebelum ‘Di masuk sekolah tersebut. Dan enggak pernah ada yang protes, minta ganti jadi kantin A, B, atau C misalnya.

Orang-orang sekolahan juga nggak terlalu peduli, yang penting makanannya enak, harganya murah, dan bersih. Kantin Z yang deket mushola biasanya tempat langganan para guru, kantin Y biasanya langganan para pelajar cewek sekolahan, sedangkan kantin X tempat nongkrongnya anak cowok. Di X inilah dada ‘Di berdebar lebih cepat dari biasanya. Lagi khusu-khusunya memesan mie ayam, di samping ‘Di telah berdiri mahluk manis berbau keringet dikit, langsung pesen es jeruk. Mahluk yang tadi bermain-main sebentar di khayalan’Di. Nggak sendirian sih, dia bareng dua teman lainnya. ‘Di gugup sebentar, setelah tak lama kemudian udah menguasai diri dan duduk di pojokan X menikmati mie ayam kegemarannya. Matanya menempel sesosok keringatan tadi.

Nunu mana ya, pikir ‘Di.

Nununya lagi ngeroko, bareng teman yang lainnya di bagian dalam kantin tempat rahasia cowok untuk berhembus.

Deg ! Dada ‘Di berdebar lebih cepat dari tadi. Tiga tubuh berjalan ke arah mejanya. Dan cuek aja mereka duduk pinggir , sambil menikmati es jeruknya, ‘Di seolah-olah nggak ada di sekitar mereka, terus sibuk ngobrol ngaler ngidul.

“Eh, aku punya rahasia, lho….” Salah seorang dari mereka berkata suatu ketika. bukan si manis khayalan ‘Di. ‘Di yang mau nggak mau terlanjur udah nguping dari tadi jadi tertarik.

“Apaan….. “sahut dua yang lain.

“ Kalian tahu kan Roni, yang jago basket itu ?”

“ Yang kelas tiga ipees satu ?” si manis keringetan nanya.

“ Iya. Menurut kamu cakep nggak Al ?”

(Oh, namanya Al, Al apaan, ‘Di seaakan mendapat titik terang)

“ Ya, lumayan, lah…”jawab si manis keringetan, Al tadi , “ Emang kenapa, kamu ngeceng dia, Rat ?” lanjutnya.

“ Iya, kamu naksir, ya Rat ? “ temannya yang dari tadi diam aja ikut nuduh.

“ Bukan, bukan aku…..” jawab Rat ( belum ketahuan Ratih, Ratna, apa Ratu atau apa..)

“ Lantas ?” Semakin tertarik ‘Di nguping, tapi pura-pura nggak merhatiin, pura-pura sibuk sama mi ayamnya yang hampir habis.

“ Roni naksir ama kamu, Al !”

Deg ! dada Al terguncang kecil, tapi udah biasa lagi.

Yang lebih keras justeru dadanya ‘Di. Nggak tahu kenapa.

“Ah, yang bener Rat ? Kamu tahu dari siapa ?” Al nanya tenang.

“Ada deh….Gimana kamu interesting ?”

“Otak kamu gimana, Fi” Al ngelempar ke Fi, si cewek satunya lagi.

“You’re so lucky…” tangkap Fi.

Al kelihatan mikir, tanpa sadar matanya memandang ‘Di yang sibuk dengan suapan terakhirnya.

“Ah, males ah….. Udah , yu !”Al meng-kirikan pembicaraan seputar itu.

Kemudian mereka bergegas membayar es jeruk dan keluar dari X.

‘Di juga demikian, setelah minum dua gelas air teh dan membayar berlari ke kelas tiga ipa tiga, kelas dia bernafas. Namanya Al apa, ya… atau apa Al ? benaknya iseng lagi.



*****



“ ‘Di pulang ke plaza dulu, yu !” ajak Nunu sesaat sebelum berdoa mau pulang di komandokan Abdul. ‘Di sedang sibuk memasukkan buku LKS agamanya.

“ Nggak, ah… mau langsung pulang. Lapar !” sahut ‘Di pendek.

“ Di kantin aja “ usul Nunu

“ Nggak ! lagi ngirit…”

“ Gue yang bayarin…” rayu Nunu.

“ Nggak, gue masih punya harga diri…”

“ Ya, Udah gua ngajak Ririn aja, katanya dia juga mau beli kertas gambar…”

Tiba-tiba ‘Di serasa diingetin.

“ Gue nitip kertas gambar dong, Nu !” dengan malu-malu ‘Di memohon, baru sadar dia bahwa kertas gambarnya tinggal selembar.

Tapi Nunu udah nunduk, Abdul udah mengisyaratkan berdoa.

Kepala ‘Di pun ikutan nunduk.



****



Sekolahan sudah sepi, pi !

Dengan sedikit rayuan (dan imbalan), ‘Di berhasil nitip ke Nunu buat dibeliin kertas gambar sepuluh lembar. ‘Di bukannya males ke plaza, nongkrong sampai jam tiga, dan ngecengin anak-anak sekolah lainnya emang hobinya semenjak kelas dua kemaren. Tapi berhubung kali ini dia lagi ada misi khusus, terpaksa hobinya ditunda.

Dengan mengendap-endap dia menyelinap ke satu dua, yang udah sepi, menuju meja guru. Di meja guru biasanya disimpan buku absenan, pikirnya. Sibuk membuka laci, yang emang nggak ada kuncinya. Nah, ini dia. Lalu dia sibuk meneliti nama-nama yang tertera di absenan. Gayanya udah mirip agen aja. Agen togel maksudnya mah. Tak lama kemudian hatinya bersorak sorai gembira. Yes !

Tak lama dia udah ada di depan sekolahan. Udah nunggu angkot yang biasa membawanya pulang. Perutnya udah tereak-tereak dari tadi, mana belum sholat dluhur lagi, ngebela-belain nunggu sekolahan sepi, hanya untuk mengetahui sebait nama, yang bikin gelisah dari tadi.

Tapi sekarang udah nggak lagi resah, malahan besok dia semangat ke sekolah.



***



Besoknya.

‘Di udah nongkrong di kelas, sibuk ngerjain peer matematika. Nyontek punyanya Kris. Nyontek asli dia, nggak kayak Dani, temannya yang nyontek tapi masih nanya-nanya ke yang dicontekin dan kadang-kadang nggak seide ama jawaban Kris si empunya buku. Dani sering protes dengan jawaban Kris, dan Kris dengan sabar memberi argumen tentang jawabannya dan biasanya betul. Padahal itu bisa-bisanya si Dani aja minta diterangin. ‘Di yang suka berhenti sejenak dari nyonteknya untuk merhatiin keterangan Kris, jadi sedikit ngerti juga (untuk sesaat, karena dia biasanya udah lupa lagi).

Lain lagi dengan Iwan, temannya yang lain yang sama-sama hobi nyontek. Dia berprinsip tulis dulu semuanya, ngertinya belakangan. Nulisnya giat banget, pas lagi guru nerangin dia sibuk menulis semua yang diucapkan guru, sampe yang tidak perlunyapun dia tuliskan di bukunya. Nulisnya cepet, wartawan aja kalah. Walhasih buku-buku tulisnya cepat habis.

Selesai !

‘Di udah selesai nyonteknya, masukin bukunya ke laci mejanya.

“Makasih, banyak-banyak Kris…..” ujarnya ke Kris dan ngalong di kelas bareng Ihsan.

“Peer apaan, sih ‘Di ?” Tanya Ihsan. Dia heran perasaan nggak ada homework.

“Matellalica…”jawab ‘Di seenaknya

“Matematika ? sekarang hari apa, ya….”Ihsan kaget, berjalan ke kalender meja guru. Lalu, “Ya, salah lagi bawa buku……”

‘Di udah nggak terkejut lagi, terlampau sering Ihsan kelupaan jadwal pelajaran. Padahal otaknya masuk sepuluh besar di kelas. Jadilah Ihsan bersibuk-sibuk nyalin jawaban matematika ‘Kris yang masih dikerubungi anak-anak.

‘Di menghampiri anak-anak cewek yang sedang sibuk ngerumpi pagi di banku depan. “ Aiyyo, pada ngomongin gue, ya…” cerocosnya tanpa ba bi bu.

“ Ye, enak aja nuduh… kita lagi ngomongin sinetron semalam juga !” April yang ngejawab, diwarnai sewot.” Geer, Lo !” sambung yang lain.

“Yah.., kapan dong gue pada ngomongin !” ‘Di memelas, ngeloyor ke luar kelas.

April and gank pada bengong.



****











Istirahat telah tiba lagi.

‘Di udah di X lagi, duduk di pojokan seperti kemarin. Kali ini dia lahap menikmati batagor bareng Nunu. Dia mesti nraktir Nunu seperti janjinya kemarin, gara-gara nitip beli kertas gambar. Mata ‘Di bertualang seantero X dan sekitar, berharap menangkap sosok Al, yang semalam suntuk berenang-renang di benaknya.

Kini ‘Di melayangkan pandangannya ke luar X, ke Y di seberangnya, atau ke Z di sebelahnya. Ups, itu kan Al, bareng siapa, ya….Roni ! Deg- nya dada ‘Di mengencang. Al bareng Roni keluar dari Y, ngobrol akrab. Dan berlalu begitu saja dari hadapan ‘Di yang terpaku di tempat duduknya.

“Lo, udah ‘Di ? Cabut ,Yu !” Nunu mengagetkannya.

“Oh, udah… nih uangnya, tolong bayarkan !” kata ‘Di sambil menyerahkan lima ribuan ke Nunu.

“Pake kembalian ?” pura-pura bloon tuh Nunu.

“Gue getok pake palu pala lo, kalo dua ribuan gue lo sikat !” ancam ‘Di.

Nunu berhaha hihi aja. Uang segitu-gitunya mau diembat, ‘Di membatin.

Mereka berduapun menuju kelas, sesaat lagi bel berbunyi.

“ Eh, tumben-tumbenan lo nggak berhembus, Nu…”

“Elo belum tahu, ya ?”

“Apaan ?” ingin tahu’Di

“ ‘Kan tadi ada inpeksi mendadak ke tempat rahasia, ada yang ngebocorin tentang anak-anak sering ngerokok di X” jelas Nunu serius.

Lalu dia bercerita bahwa tadi pagi waktu Abdul ngambil kapur tulis di ruang administrasi, dia ngedenger seorang siswa lagi ngobrol sama pak kepsek. Dan dalam pembicaraan tersebut tersirat pembicaraan larangan ngerokok di sekolahan, buntut-buntutnya nyabit-nyabit masalah tempat rahasia di X. Abdul langsung ke Mang Ade pengelola kantin X, nitip pesen agar anak-anak nggak berhembus dulu. Mang Ade emang udah kompakan dengan penghembus-penghembus sekolahan. Dan selama ini berjalan aman-aman aja. Saling mempercayai. Mang Ade juga ingin jualan rokoknya laku. Jualan rokonya ke anak-anak sembunyi-sembunyi.

Pantesan para penghembus sekolahan hari itu kelihatan lemes banget seharian. ‘Di sendiri bukanlah penghembus, kadang dia cuma ikut-ikutan aja. Ngerokok pahit, katanya. Lalu berhenti, dan memilih mengulum permen sehingga giginya sering sakit.

“Duluan aja Nu, gue mau ke pipis dulu….”’Di berbelok ke WC

“Ya, Udah…” Nunu meneruskan langkah menuju kelas.

“Eh, tunggu Nu…”’Di nggak meneruskan niatnya dan menggil Nunu.

“Kok, nggak jadi ?” Nunu heran.

“ Jadi nggak pingin !” jawab ‘Di kalem. Padahal hatinya sedang resah. Sekilas tadi di dekat WC dia lihat Al dan Roni lagi ngobrol. Duh…



***



Saatnya pulang sekolah.

“ ‘Di, lo ngisi diari kelas lagi ,ya !”

“ Bukannya sekarang giliran, Ema, Dul ?” ‘Di protes nolak tugas harian penduduk tiga ipa tiga itu.

“ Mahluk tersebut keburu pulang, ‘Di. Dia mungkin lupa” jawab Abdul sang KM teman baiknya yang sewaktu kelas satu dan dua dulu juga sekelas. Pengalaman tiga tahun jadi KM. Waktu SMP mereka juga pernah sekelas, di SMP negeri 1.

“ Gue pulang duluan,’Di….” Pamit Abdul Karim Jabbar.

“ Ya, deh. Hati-hati motor lo nabrak becak lagi !”

Teman-teman tiga ipa tiga-nya udah pada pulang. Tinggal beberapa anak sedang bersih-bersih kelas buat besok. Ririn dan Anna sedang shabu-shabu,eh, sapu-sapu sementara Iwan menghapus papan tulis.

“Nggak pulang ‘Di ? “ Iwan yang udah selesai ngehapus board menghampiri tas punggungnya, tangannya saling ditepukkan.

“Eh, debunya tuh…!” ‘Di menghindar debu pecahan kapur dari tangan Iwan yang melayang bebas di mukanya.

“ Hi..hi Sorry, ‘Di…., eh pulang yu ! “ ajak Iwan.

“ Sok, duluan… mau nulis dulu”.

Iwan, yang ceritanya pingin ngelanjutin sekolah di Akabri tersebutpun berlalulah. Tubuh Iwan memang sudah atletis, cocok jadi tentara. Di sekolah dia ikut kegiatan paskibra. Baris berbarisnya udah ngalahin hansip. Kalau upacara bendera hari Senin, dia sering kebagian jadi komandan upacara. Hal tersebut sudah berlangsung sejak kelas dua. Suatu ketika Iwan bosen jadi komandan upacara, diapun usul kepada pak kepsek.

“Pak, untuk senin depan saya pingin naik jabatan” katanya kepada pak kepsek yang habis memberi wejangan. Beliau sedang mengelap keringatnya dengan saputangan, matahari senin pagi terasa lebih panas dibanding sore ketika mendung (iya, dong)

“ Naik jabatan bagaimana maksud kamu, Wan !” sahut pa kepsek

“ Maksud saya, Senin depan saya ingin jadi pembina upacara, Pak” jawab Iwan polos.

Disogok sama apapun Pak Kepsek nggak akan pernah setuju, Wan.



*****



‘Di sedang sibuk menulis di buku harian kelas. Buku milik anak-anak tiga ipa tiga, yang berisi cerita-cerita seputar kelas itu, semenjak masuk hingga pulang sekolah. Atau kegiatan apapun di sekolah yang patut diceritakan. Anak-anak TIT bergiliran tiap hari mengisi diari itu, minimal selembar sehari. Macam-macam cerita terdapat di dalamnya, semua bebas curhat tentang segala hal di kelas. Hal-hal di luar kelas juga boleh dutuangkan di buku tersebut kalau nggak malu.

Peraturannya cuma satu yaitu nggak boleh menulis hal-hal yang bersifat nyinggung perasaan orang kelas. Kalau mengeritik mah boleh. Biasanya anak-anak menulisnya setelah jam pelajaran usai. Kadang kadang kalau ada ide saat pelajaran berlangsung juga boleh, istilahnya siaran pandangan mata. Banyak juga anak-anak yang bikin puisi di dalamnya. Kalau pingin tahu tingkat kepopuleran kita di kelas, lihat saja diari ini seberapa banyak nama kita disebut-sebut di dalamnya.

Buat yang hobi nulis, kegiatan ini membantu penyaluran hobinya tersebut, di samping melatih keterampilan anak-anak TIT dalam hal menulis meskipun sekenanya dan seadanya. Di sini bebas, mau gaya EYD, Suwandi, paka bahasa Inggris, Sunda, gaul, bahkan menggambarpun dipersilakan.

Keasyikan ‘Di menulis yang udah dua halaman tersebut, sedikit terusik ketika ada orang nyanyi-nyanyi di sanggar pramuka yang terletak persis di belakang kelas TIT. Anak-anak pramuka lagi latihan vokal. ‘Dipun bergegas membereskan bukunya, beranjak pulang. Dia mau ke plaza dulu, ada beberapa catatan yang harus di potocopy. Tak lama kemudian ‘Di udah tiba di plaza.

“Kang, dari halaman 20 sampe 35 rangkap dua, ya!” pintanya kepada si akang penjaga potocopian, yang meskipun ‘Di tahu si akang bukan orang Sunda melainkan asal Padang , ‘Di tetap memanggil panggilan sunda padanya. Alasannya biar si akang merasa betah dan lebih menjunjung tinggi tanah tempat dia dipijak. Biar nggak kejadian kayak di Sampit. Si akang juga kelihatan seneng-seneng dipanggil gitu, sedikit-sedikit dia udah mengerti Sunda dan kebudayaannya. ‘Di emang udah jadi langganan tetapnya serta sering mengajarinya basa Sunda.

“Sepi, Kang pada kemana…?” Tanya ‘Di sambil menyerahkan bayaran potocopian. Biasanya para pegawai lainnya suka ada di mesin FC masing-masing yang jumlahnya lima buah itu.

“ Lagi pada sholat, ‘Di….” Jawab si akang Padang.

Deg lagi, dua orang yang amat di kenal ‘Di belakangan ini masuk kios FC. Kali ini meski degnya nggak kencang, tapi hati ‘Di panas….

‘Di memalingkan wajahnya.

“Kang tolong potokopikan ini….”terdengar yang cewek bicara

‘Di udah keburu cabut. Segitunya,’Di !



****



Tolol banget gue, kutuk ‘Di pada dirinya sendiri.

Gimana kalo tuh buku ketinggalan di Angkot, keambil sama orang yang naik angkot, dan orang tersebut nggak mengerti betapa pentingnya buku tersebut. Anak-anak kelas bisa marah ke gue. Mana puisi-puisi gue ada di sana semuanya. Akhirnya ‘Di pasrah dan berharap buku tersebut ketinggalan di plaza kios FC.

Gara-gara seorang cewek yang belum jelas, semenjak dari plaza tadi ‘Di pikirannya nggak karu-karuan. Turun dari angkotpun, hampir-hampir dia gak bayar, kalau bapak yang duduk dekat supir gak ngingetin.

‘Di jadi males ke sekolah besok.



***

‘Di terlambat ke sekolah.

Pikirannya masih di buku diari kelas semalaman.

Untunglah hari ini ada ulangan kimia, sehingga ‘Di bangun juga. Hebat ya, segitu semangatnya ‘Di menghadapi ulangan kimia. Lagi-lagi bukan itu, tapi lebih disebabkan karena ‘di nggak kepingin ulangan susulan di kelas lain atau di ruangan guru. Soalnya susah kalo mau minta bantuan negara tetangga. Jadilah ‘Di bela-belain ke sekolah buat ulangan kimia bareng anak-anak sekelasnya. Ulangan kimianya jam kedua ketiga, jam pertamanya ‘Di bolos, telat geo setengah jam, mendingan nggak masuk.

Begitu masuk kelas Nunu langsung menyambutnya penuh sukacita.

“ Apa ? ulangannya nggak jadi” ‘Di kesel banget.

“ Kenapa ‘Di ? lo, udah siap banget ya….?” Nunu keheranan

Pikir ‘Di kalo tahu gini mending tadi nggak masuk aja sekalian, apalagi nanti dua jam terakhir katanya kosong juga.

‘Di berjalan menuju bangkunya, menyimpan tasnya dan sebentar kemudian sudah sibuk ngerjain soal kimia pengganti ulangan. Kali ini ngerjainnya bareng Tedi, jago kimia dan fans-fans yang lainnya.

“’Di, sini sebentar….”tiba-tiba Abdul memanggilnya.

Aduh celaka, pasti nanyain buku diari kelas.

“Buku diarinya mana,’Di ?” Tuh, kan.

“Eh, anu ketinggalan di rumah, Dul !” jawab ‘Di

“Ah, yang bener…”

Muka ‘Di udah memerah,” Iya..”

“Jangan bohong, ‘Di….” Sambung Abdul mukanya nahan senyum, sambil ngeluarin sesuatu dari laci mejanya. “ Ini, apa?” Tanya Dul

“ Lho, kok ada di elo ?” ‘Di heran campur seneng buku keramat orang kelas telah ditemukannya.

“Makanya hati-hati naruh kalo naruh barang….”ujar Abdul Karim Jabbar.

“Ketemu di mana, Dul ?” ‘Di masih penasaran juga.

“ Di plaza…”

“ Oh, kapan elo ke plaza…” ‘Di terus nanya.

“Bukan gue”

“ Lho, siapa…”

“ Anak kelas satu, cewek, cakep “



****

‘Di udah duduk di pojokan X kesayangannya, menghadapi es jeruknya yang tinggal setengahnya. Abdul sedang melahap mie ayamnya.

“Tuh, ‘Di, tuh orangnya …. “ Abdul tiba-tiba ribut sendiri.

Tampak Al dengan salah seorang temannya masuk ke X, memesan Es jeruk. Dan tersenyum ketika matanya melihat Abdul.

“Hai, kak…. Bukunya udah dikasihkan ?” Tanya Al ke Abdul.

“ Udah, nih orangnya ada” jawab Dul sambil nunjuk ‘Di.

“ Makasih, ya…” ‘Di mencoba bersikap wajar.

“Sama-sama, emang itu buku apaan sih kak, sampulnya lucu….”

“Itu buku jimat anak-anak tiga ipa tiga, kalo sampe ilang, wah nggak tahu deh, anak-anak kelas bakal ngasih hukuman apa” ujar ‘Di.

“Diari kelas anak-anak TIT” jelas Abdul

“Oh..”

“ Eh kamu hobi bolos juga,ya Al…” ‘Di udah nggak kaku lagi

“ Nggak, cuma ngerjain soal agama, udah selesai, Eh ,kok kakak tahu nama panggilan rumah saya” Al kaget setahunya hanya Fina dan Miratih yang tahu nama panggilan rumahnya. Teman-teman sekelasnya manggil dia, Ya.

“Ah, Alia… masak saya harus manggil Ali “ gurau ‘Di

Alia ketawa renyah, bikin Di’ mabuk.

“Al, juga tahu nama kakak ?” kata Alia tiba-tiba.

“Siapa ?” kaget juga ‘Di, padahal sedari tadi belum sekalipun mengenalkan diri. Agak gede rasa juga dia, ada yang mengenalnya semanis ini.

“ Yang Al tahu cuma ‘Di , bener nggak ?”

‘Di ngangguk, “ Dul yang ngasih tahu, ya ?” kata ‘Di sambil menoleh ke Abdul yang sedang menyelesaikan suapan terakhirnya.

“Nggak, bukan Gue…” sahut Abdul last feednya tertahan.

“Bukan Kak Abdul, tapi si akang di poto kopian….” Jawab Alia.

Sedikit banyak ‘Di telah mengerti.

‘ “Yu, Al. Kami duluan…. Udah dibayarin es jeruknya”’Di dan Dul menuju kelas tiga ipa tiga.

“Terima kasih, kak ‘Di”

Nggak sia-sia gue berangkat ke sekolah, makasih kimia, akhirnya gue bisa kenalan sama Alia yang ramah dan kayaknya orangnya asyik.



***

Bukan suatu kebetulan kalau ketika pulang sekolah, ‘Di ketemu lagi di angkot sama Al. tapi mereka itu saling say hai saja karena duduknya saling berjauhan. Dan nggak ada Roni di sana. ‘Di semakin pede aja.

Baru, ketika beberapa penumpang udah keluar masuk, ‘Di dan Al sudah duduk berdampingan. Ngobrol itu ini, asli Al renyah banget ! tapi ketika ‘Di ingin tahu lebih jauh lagi alamat Al nggak ngasih, nomor telponnya juga nggak. Dia cuma ngasih tahu tinggal di daerah anu. ‘Di juga nggak maksa, masih banyak waktu pikirnya.

Mereka harus berpisah ketika ‘Di mesti turun duluan di depan kompleks rumahnya. Dan angkot dengan Al di dalamnya telah berlalu.



***
































Bagian Satu


Ulangan fisika bab dua ini akhirnya selesai juga ‘Di kerjakan. Meski nggak terlalu yakin jawabannya bakal bener semua, ‘Di serahkan juga dua lembar kertas jawaban itu. Lalu bergegas keluar ruangan kelas menyusul beberapa temannya yang telah lebih dulu menyelesaikan pekerjaannya. Di kelas masih ada beberapa orang yang dengan tekun mengerjakan soal-soal ulangan tersebut. Waktu ulangan memang masih seperempat jam lagi.

Habis fisika ini sebenarnya nggak jam istirahat, anak-anak disuruh menunggu di luar sampai jam pelajaran fisika ini usai. Biasa, agar tidak mengganggu teman lain yang belum selesai. ‘Di juga Cuma duduk-duduk bareng teman-teman yang lain sambil nonton anak-anak kelas satu yang lagi pada dapat pelajaran olah raga basket. Beberapa teman ‘Di meyempatkan diri mengunjungi kantin, mumpung lagi sepi kata mereka.

Jam pelajaran fisika untuk kelas ‘Di ditaruh di dua jam pertama, masih pagi benget, masih seger-segernya. Malahan kata Bu Ami yang mengajar fisika, kelas ‘Di termasuk beruntung karena pelajaran yang susah ditaruh pada jam pagi, jadi otak kita masih seger. Tapi lain lagi pendapat anak-anak, masih ngantuk-ngantuknya disuguhi fisika gimana pelajaran mau masuk. Belum lagi kalau terlambat datang ke sekolah, tambah sial lah.

Tapi anak-anak kelas ‘Di akhirnya pasrah aja dengan ketentuan jadwal tersebut, itu kan kebijakan sekolah, lagian sekolah sendiri kan sebenarnya bingung juga nerapin jadwal untuk 24 kelas di sekolah tersebut. Dan memang pada akhirnya setelah dijalani, ya lancar aja seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah ‘Di. Maksudnya yang terlambat masuk kelas juga lancar he he he.

Habis fisika ini dilanjutkan pelajaran bahasa inggris sampai jam istirahat. Dan menurut KM kelas ‘Di, Abdul , Guru yang biasa mengajar Inggris berhalangan hadir, Cuma nitipin tugas ke guru piket. Terang aja dua jam ke depan bablas.

“ ‘Di , ngantin yu !“ sebuah sumber suara ngagetin ‘Di yang lagi merenungin hasil jawaban fisika ( yang setelah ngupingin diskusi anak-anak pinter kelas ‘Di tenyata jawabannya pada jeblok semua).

‘Di pura-pura kaget, dan menoleh ke suara jelek milik Nunu temannya.

“ Nggak ah Nu, lu aja diri, gua mah nanti pas jam resminya” tolak ‘Di.

Nunu ngeloyor pergi.

Padahal ‘Di cuma pingin konsen aja, ke fisika ? Bukan jangan buru-buru nuduh. ‘Di lagi konsentrasi merhatiin cewek kelas satu yang punya wajah manis, yang lagi o-er, yang tadi barengan dia di angkot, dan belum sempat kenalan. ‘Di masih penasaran.

“San, yang lagi o-er ini kelas satu apa sih ?” tanyanya pada Ihsan yang sama-sama menikmati anak-anak kelas satu yang lagi menikmati pelajaran olah raga itu.

“ Satu dua, …. Lucu-lucu ya, ‘Di ?”

“ Cowoknya, San ?”

“ Cowoknya mah buat elo…”

“ Eh, San yang lagi megang bola basket, lo kenal ?” tunjuk ‘Di pada sesosok tubuh manis, tentu aja cewek yang lagi ‘Di penasaranin.

“ Tahu, namanya Yanto…” jawab Ihsan sekenanya.

“ Bukan yang cowoknya, dodol ! yang sebelahnya tuh, tuh yang lagi lay up shoot , tembak… ah, sayang gak masuk ! “

Ihsan nyengir, “ Nggak tahu , tuh . Tanyain diri, gih !”

“Malu ah, banyak orang…” sahut ‘Di sambil berdiri dan ngeloyor, Ihsan ngikutin. Bel jam ketiga udah berkumandang. Mereka harus segera masuk kelas lagi. Tapi lumayan mata jadi segar lagi dan pikiran adem lagi untuk mengikuti pelajaran berikutnya. Soalnya jarang-jarang bisa cuci mata kayak begini. Biasanya pada jam segini mereka sedang berjuang-juangnya menghadapi ganasnya fisika (uih, bahasanya !). Atau nyuri-nyuri waktu untuk merem nerusin tidur semalam ( tapi biasanya nggak ada anak yang bertahan lama merem, karena langsung dibentak Bu Ami ).

Di kelas lagi, tugas Inggrisnya ternyata gampang banget. Bukan,. bukan karena soal-soal yang diberikan modelnya ‘this is a book, dat is a bok’ kayak gitu, di SMU nggak ada lagi guru yang nekat ngasih pelajaran Inggris kayak gitu. Tapi dikarenakan anak-anak kelas ‘Di pada kreatif nyari jawaban ke kelas yang sebelumnya ada pelajaran Inggris. Dan itulah kelas sebelah ‘Di.

Sejak bel tadi beberapa anak kelas sebelah asik ngimfo ke kelas ‘Di. Kebetulan sehabis istirahat nanti mereka pada ulangan fisika juga. Dan bukan kebetulan pula mereka telah mengerjakan tugas Inggris pada jam satu dan dua. Jadilah mereka saling tukeran jawaban. Sehingga belum setengah jam tugas Inggris ‘Di udah selesai. Teman-teman ‘Di juga hampir setengahnya udah selesai ngerjain. Biasa kalo nyontek pasti lancar banget.

Tapi nggak semuanya nyontek, ding. Nama-nama seperti Beni, Tedi, Kris atau Tina masih bisa ngerjain sendiri. Anak-anak lima besar emang lebih percaya pada kemampuannya sendiri. ‘Di juga bukannya nggak bisa ngerjain diri soal-soal tersebut, hanya dia lagi ada misi yang boleh dilewatkan. Jadi dia harus cepat-cepat nyelesainnya. Tuh, lihat dia lagi kompakan bareng Ihsan nongkrong dekat jendela, lihat anak-anak kelas satu yang pada o-er.

Ceritanya mereka lagi ngelanjutin ngeceng tadi yang sempat tertunda.

Teman-teman ‘Di yang lain pada ikutan nonton di jendela. Kelas ‘Di emang strategis banget. Tiga buah jendela kelas cukup buat memenuhi hasrat kelaki-lakian cowok-cowok tiga ipa tiga tersebut. Lapang o-er terlihat jelas dari kelas mereka. Mereka tidak berani keluar kelas untuk niat tersebut karena guru piket merhatiin kelas ‘Di dari tadi. Lagian kasian Abdul, sang KM yang sering ditegor guru piket, kalo anak buahnya pada berkeliaran.

Di jendela yang ditongkrongi ‘Di bertambah dua mahluk lagi, Nunu dan Saman.

“Yang rambutnya diikat dua seksi, ya!” komentar Nunu

“Ih, seksian yang pake topi “ sela Ihsan

‘Di nggak mau ketinggalan,” Seksian yang lagi berdiri deket tiang ring basket, itu tuh… toketnya gede, bokongnya gede !” Nakal, ya.

“Tapi ada yang lebih seksi lagi….” Kali ini Saman angkat bicara. “ Tuh yang lagi bawa buku tulis banyak…”

“ Yang mana, Man…..” anak-anak lainnya penasaran juga, setahu mereka di lapang tidak ada yang lagi bawa buku.

“Ini, nih… yang bentar lagi lewat di depan elo-elo !” suara Saman dipelanin sambil matanya memberi isyarat ke samping.

Bu Dewi, guru bahasa Indonesia !

Anak-anak buru-buru nutup tirai jendela, sebagian jongkok sambil cengar-cengir. Nunu udah sakit aja nahan ketawa. Ada-ada aja si Saman ini, guru dikomentarin.

Sebentar kemudian anak-anak tersebut udah nerusin aktivitasnya lagi. Ngomentarin ini itu. Yang baju o-ernya kegedean lah, yang dribble bolanya salah melulu, ataupun yang toketnya kekecilan (hus !).

Sebagian anak-anak kelas’Di udah pada keluar kelas, sebentar lagi bel istirahat bakal bunyi. Biasanya kalo mau istirahat gini, guru piket juga nggak ada yang negor, udah pada maklumin.

Dan anak-anak yang pada ngalong di jendela pun satu persatu mulai meninggalkan jendela kesayangan tersebut. Semua pada ngacir ke kantin, mumpung belum penuh kantinnya. Biasanya kalo udah bunyi belnya, tuh kantin sering tidak muat ngelayanin anak-anak se-sekolah yang pada berebutan pingin duluan makan. Dan akhirnya yang ketelatan datang suka nempatin daftar tunggu. Kayak ibadah haji di Indonesia aja, ya.

“ Tunggu, Nu….” ‘Di berlari ngikutin Nunu duluan menuju kantin. Tak habis pikir ‘Di, bukannya Nunu ini tadi udah ke kantin, pagi sebelum masuk kelas juga ‘Di ngelihatnya udah nongkrong di kantin. Kaya ‘kali Nunu, pikir ‘Di.

Mereka berdua tiba di kantin X. Oh, ya di sekolah ‘Di sini, kantin resminya ada tiga buah. Masing-masing dinamain kantin X, Y, dan Z (kayak pelajaran matematika, ya). ‘Di juga enggak tahu kenapa dinamain begitu. Katanya nama tersebut udah ada sejak beberapa generasi sebelum ‘Di masuk sekolah tersebut. Dan enggak pernah ada yang protes, minta ganti jadi kantin A, B, atau C misalnya.

Orang-orang sekolahan juga nggak terlalu peduli, yang penting makanannya enak, harganya murah, dan bersih. Kantin Z yang deket mushola biasanya tempat langganan para guru, kantin Y biasanya langganan para pelajar cewek sekolahan, sedangkan kantin X tempat nongkrongnya anak cowok. Di X inilah dada ‘Di berdebar lebih cepat dari biasanya. Lagi khusu-khusunya memesan mie ayam, di samping ‘Di telah berdiri mahluk manis berbau keringet dikit, langsung pesen es jeruk. Mahluk yang tadi bermain-main sebentar di khayalan’Di. Nggak sendirian sih, dia bareng dua teman lainnya. ‘Di gugup sebentar, setelah tak lama kemudian udah menguasai diri dan duduk di pojokan X menikmati mie ayam kegemarannya. Matanya menempel sesosok keringatan tadi.

Nunu mana ya, pikir ‘Di.

Nununya lagi ngeroko, bareng teman yang lainnya di bagian dalam kantin tempat rahasia cowok untuk berhembus.

Deg ! Dada ‘Di berdebar lebih cepat dari tadi. Tiga tubuh berjalan ke arah mejanya. Dan cuek aja mereka duduk pinggir , sambil menikmati es jeruknya, ‘Di seolah-olah nggak ada di sekitar mereka, terus sibuk ngobrol ngaler ngidul.

“Eh, aku punya rahasia, lho….” Salah seorang dari mereka berkata suatu ketika. bukan si manis khayalan ‘Di. ‘Di yang mau nggak mau terlanjur udah nguping dari tadi jadi tertarik.

“Apaan….. “sahut dua yang lain.

“ Kalian tahu kan Roni, yang jago basket itu ?”

“ Yang kelas tiga ipees satu ?” si manis keringetan nanya.

“ Iya. Menurut kamu cakep nggak Al ?”

(Oh, namanya Al, Al apaan, ‘Di seaakan mendapat titik terang)

“ Ya, lumayan, lah…”jawab si manis keringetan, Al tadi , “ Emang kenapa, kamu ngeceng dia, Rat ?” lanjutnya.

“ Iya, kamu naksir, ya Rat ? “ temannya yang dari tadi diam aja ikut nuduh.

“ Bukan, bukan aku…..” jawab Rat ( belum ketahuan Ratih, Ratna, apa Ratu atau apa..)

“ Lantas ?” Semakin tertarik ‘Di nguping, tapi pura-pura nggak merhatiin, pura-pura sibuk sama mi ayamnya yang hampir habis.

“ Roni naksir ama kamu, Al !”

Deg ! dada Al terguncang kecil, tapi udah biasa lagi.

Yang lebih keras justeru dadanya ‘Di. Nggak tahu kenapa.

“Ah, yang bener Rat ? Kamu tahu dari siapa ?” Al nanya tenang.

“Ada deh….Gimana kamu interesting ?”

“Otak kamu gimana, Fi” Al ngelempar ke Fi, si cewek satunya lagi.

“You’re so lucky…” tangkap Fi.

Al kelihatan mikir, tanpa sadar matanya memandang ‘Di yang sibuk dengan suapan terakhirnya.

“Ah, males ah….. Udah , yu !”Al meng-kirikan pembicaraan seputar itu.

Kemudian mereka bergegas membayar es jeruk dan keluar dari X.

‘Di juga demikian, setelah minum dua gelas air teh dan membayar berlari ke kelas tiga ipa tiga, kelas dia bernafas. Namanya Al apa, ya… atau apa Al ? benaknya iseng lagi.



*****



“ ‘Di pulang ke plaza dulu, yu !” ajak Nunu sesaat sebelum berdoa mau pulang di komandokan Abdul. ‘Di sedang sibuk memasukkan buku LKS agamanya.

“ Nggak, ah… mau langsung pulang. Lapar !” sahut ‘Di pendek.

“ Di kantin aja “ usul Nunu

“ Nggak ! lagi ngirit…”

“ Gue yang bayarin…” rayu Nunu.

“ Nggak, gue masih punya harga diri…”

“ Ya, Udah gua ngajak Ririn aja, katanya dia juga mau beli kertas gambar…”

Tiba-tiba ‘Di serasa diingetin.

“ Gue nitip kertas gambar dong, Nu !” dengan malu-malu ‘Di memohon, baru sadar dia bahwa kertas gambarnya tinggal selembar.

Tapi Nunu udah nunduk, Abdul udah mengisyaratkan berdoa.

Kepala ‘Di pun ikutan nunduk.



****



Sekolahan sudah sepi, pi !

Dengan sedikit rayuan (dan imbalan), ‘Di berhasil nitip ke Nunu buat dibeliin kertas gambar sepuluh lembar. ‘Di bukannya males ke plaza, nongkrong sampai jam tiga, dan ngecengin anak-anak sekolah lainnya emang hobinya semenjak kelas dua kemaren. Tapi berhubung kali ini dia lagi ada misi khusus, terpaksa hobinya ditunda.

Dengan mengendap-endap dia menyelinap ke satu dua, yang udah sepi, menuju meja guru. Di meja guru biasanya disimpan buku absenan, pikirnya. Sibuk membuka laci, yang emang nggak ada kuncinya. Nah, ini dia. Lalu dia sibuk meneliti nama-nama yang tertera di absenan. Gayanya udah mirip agen aja. Agen togel maksudnya mah. Tak lama kemudian hatinya bersorak sorai gembira. Yes !

Tak lama dia udah ada di depan sekolahan. Udah nunggu angkot yang biasa membawanya pulang. Perutnya udah tereak-tereak dari tadi, mana belum sholat dluhur lagi, ngebela-belain nunggu sekolahan sepi, hanya untuk mengetahui sebait nama, yang bikin gelisah dari tadi.

Tapi sekarang udah nggak lagi resah, malahan besok dia semangat ke sekolah.



***



Besoknya.

‘Di udah nongkrong di kelas, sibuk ngerjain peer matematika. Nyontek punyanya Kris. Nyontek asli dia, nggak kayak Dani, temannya yang nyontek tapi masih nanya-nanya ke yang dicontekin dan kadang-kadang nggak seide ama jawaban Kris si empunya buku. Dani sering protes dengan jawaban Kris, dan Kris dengan sabar memberi argumen tentang jawabannya dan biasanya betul. Padahal itu bisa-bisanya si Dani aja minta diterangin. ‘Di yang suka berhenti sejenak dari nyonteknya untuk merhatiin keterangan Kris, jadi sedikit ngerti juga (untuk sesaat, karena dia biasanya udah lupa lagi).

Lain lagi dengan Iwan, temannya yang lain yang sama-sama hobi nyontek. Dia berprinsip tulis dulu semuanya, ngertinya belakangan. Nulisnya giat banget, pas lagi guru nerangin dia sibuk menulis semua yang diucapkan guru, sampe yang tidak perlunyapun dia tuliskan di bukunya. Nulisnya cepet, wartawan aja kalah. Walhasih buku-buku tulisnya cepat habis.

Selesai !

‘Di udah selesai nyonteknya, masukin bukunya ke laci mejanya.

“Makasih, banyak-banyak Kris…..” ujarnya ke Kris dan ngalong di kelas bareng Ihsan.

“Peer apaan, sih ‘Di ?” Tanya Ihsan. Dia heran perasaan nggak ada homework.

“Matellalica…”jawab ‘Di seenaknya

“Matematika ? sekarang hari apa, ya….”Ihsan kaget, berjalan ke kalender meja guru. Lalu, “Ya, salah lagi bawa buku……”

‘Di udah nggak terkejut lagi, terlampau sering Ihsan kelupaan jadwal pelajaran. Padahal otaknya masuk sepuluh besar di kelas. Jadilah Ihsan bersibuk-sibuk nyalin jawaban matematika ‘Kris yang masih dikerubungi anak-anak.

‘Di menghampiri anak-anak cewek yang sedang sibuk ngerumpi pagi di banku depan. “ Aiyyo, pada ngomongin gue, ya…” cerocosnya tanpa ba bi bu.

“ Ye, enak aja nuduh… kita lagi ngomongin sinetron semalam juga !” April yang ngejawab, diwarnai sewot.” Geer, Lo !” sambung yang lain.

“Yah.., kapan dong gue pada ngomongin !” ‘Di memelas, ngeloyor ke luar kelas.

April and gank pada bengong.



****











Istirahat telah tiba lagi.

‘Di udah di X lagi, duduk di pojokan seperti kemarin. Kali ini dia lahap menikmati batagor bareng Nunu. Dia mesti nraktir Nunu seperti janjinya kemarin, gara-gara nitip beli kertas gambar. Mata ‘Di bertualang seantero X dan sekitar, berharap menangkap sosok Al, yang semalam suntuk berenang-renang di benaknya.

Kini ‘Di melayangkan pandangannya ke luar X, ke Y di seberangnya, atau ke Z di sebelahnya. Ups, itu kan Al, bareng siapa, ya….Roni ! Deg- nya dada ‘Di mengencang. Al bareng Roni keluar dari Y, ngobrol akrab. Dan berlalu begitu saja dari hadapan ‘Di yang terpaku di tempat duduknya.

“Lo, udah ‘Di ? Cabut ,Yu !” Nunu mengagetkannya.

“Oh, udah… nih uangnya, tolong bayarkan !” kata ‘Di sambil menyerahkan lima ribuan ke Nunu.

“Pake kembalian ?” pura-pura bloon tuh Nunu.

“Gue getok pake palu pala lo, kalo dua ribuan gue lo sikat !” ancam ‘Di.

Nunu berhaha hihi aja. Uang segitu-gitunya mau diembat, ‘Di membatin.

Mereka berduapun menuju kelas, sesaat lagi bel berbunyi.

“ Eh, tumben-tumbenan lo nggak berhembus, Nu…”

“Elo belum tahu, ya ?”

“Apaan ?” ingin tahu’Di

“ ‘Kan tadi ada inpeksi mendadak ke tempat rahasia, ada yang ngebocorin tentang anak-anak sering ngerokok di X” jelas Nunu serius.

Lalu dia bercerita bahwa tadi pagi waktu Abdul ngambil kapur tulis di ruang administrasi, dia ngedenger seorang siswa lagi ngobrol sama pak kepsek. Dan dalam pembicaraan tersebut tersirat pembicaraan larangan ngerokok di sekolahan, buntut-buntutnya nyabit-nyabit masalah tempat rahasia di X. Abdul langsung ke Mang Ade pengelola kantin X, nitip pesen agar anak-anak nggak berhembus dulu. Mang Ade emang udah kompakan dengan penghembus-penghembus sekolahan. Dan selama ini berjalan aman-aman aja. Saling mempercayai. Mang Ade juga ingin jualan rokoknya laku. Jualan rokonya ke anak-anak sembunyi-sembunyi.

Pantesan para penghembus sekolahan hari itu kelihatan lemes banget seharian. ‘Di sendiri bukanlah penghembus, kadang dia cuma ikut-ikutan aja. Ngerokok pahit, katanya. Lalu berhenti, dan memilih mengulum permen sehingga giginya sering sakit.

“Duluan aja Nu, gue mau ke pipis dulu….”’Di berbelok ke WC

“Ya, Udah…” Nunu meneruskan langkah menuju kelas.

“Eh, tunggu Nu…”’Di nggak meneruskan niatnya dan menggil Nunu.

“Kok, nggak jadi ?” Nunu heran.

“ Jadi nggak pingin !” jawab ‘Di kalem. Padahal hatinya sedang resah. Sekilas tadi di dekat WC dia lihat Al dan Roni lagi ngobrol. Duh…



***



Saatnya pulang sekolah.

“ ‘Di, lo ngisi diari kelas lagi ,ya !”

“ Bukannya sekarang giliran, Ema, Dul ?” ‘Di protes nolak tugas harian penduduk tiga ipa tiga itu.

“ Mahluk tersebut keburu pulang, ‘Di. Dia mungkin lupa” jawab Abdul sang KM teman baiknya yang sewaktu kelas satu dan dua dulu juga sekelas. Pengalaman tiga tahun jadi KM. Waktu SMP mereka juga pernah sekelas, di SMP negeri 1.

“ Gue pulang duluan,’Di….” Pamit Abdul Karim Jabbar.

“ Ya, deh. Hati-hati motor lo nabrak becak lagi !”

Teman-teman tiga ipa tiga-nya udah pada pulang. Tinggal beberapa anak sedang bersih-bersih kelas buat besok. Ririn dan Anna sedang shabu-shabu,eh, sapu-sapu sementara Iwan menghapus papan tulis.

“Nggak pulang ‘Di ? “ Iwan yang udah selesai ngehapus board menghampiri tas punggungnya, tangannya saling ditepukkan.

“Eh, debunya tuh…!” ‘Di menghindar debu pecahan kapur dari tangan Iwan yang melayang bebas di mukanya.

“ Hi..hi Sorry, ‘Di…., eh pulang yu ! “ ajak Iwan.

“ Sok, duluan… mau nulis dulu”.

Iwan, yang ceritanya pingin ngelanjutin sekolah di Akabri tersebutpun berlalulah. Tubuh Iwan memang sudah atletis, cocok jadi tentara. Di sekolah dia ikut kegiatan paskibra. Baris berbarisnya udah ngalahin hansip. Kalau upacara bendera hari Senin, dia sering kebagian jadi komandan upacara. Hal tersebut sudah berlangsung sejak kelas dua. Suatu ketika Iwan bosen jadi komandan upacara, diapun usul kepada pak kepsek.

“Pak, untuk senin depan saya pingin naik jabatan” katanya kepada pak kepsek yang habis memberi wejangan. Beliau sedang mengelap keringatnya dengan saputangan, matahari senin pagi terasa lebih panas dibanding sore ketika mendung (iya, dong)

“ Naik jabatan bagaimana maksud kamu, Wan !” sahut pa kepsek

“ Maksud saya, Senin depan saya ingin jadi pembina upacara, Pak” jawab Iwan polos.

Disogok sama apapun Pak Kepsek nggak akan pernah setuju, Wan.



*****



‘Di sedang sibuk menulis di buku harian kelas. Buku milik anak-anak tiga ipa tiga, yang berisi cerita-cerita seputar kelas itu, semenjak masuk hingga pulang sekolah. Atau kegiatan apapun di sekolah yang patut diceritakan. Anak-anak TIT bergiliran tiap hari mengisi diari itu, minimal selembar sehari. Macam-macam cerita terdapat di dalamnya, semua bebas curhat tentang segala hal di kelas. Hal-hal di luar kelas juga boleh dutuangkan di buku tersebut kalau nggak malu.

Peraturannya cuma satu yaitu nggak boleh menulis hal-hal yang bersifat nyinggung perasaan orang kelas. Kalau mengeritik mah boleh. Biasanya anak-anak menulisnya setelah jam pelajaran usai. Kadang kadang kalau ada ide saat pelajaran berlangsung juga boleh, istilahnya siaran pandangan mata. Banyak juga anak-anak yang bikin puisi di dalamnya. Kalau pingin tahu tingkat kepopuleran kita di kelas, lihat saja diari ini seberapa banyak nama kita disebut-sebut di dalamnya.

Buat yang hobi nulis, kegiatan ini membantu penyaluran hobinya tersebut, di samping melatih keterampilan anak-anak TIT dalam hal menulis meskipun sekenanya dan seadanya. Di sini bebas, mau gaya EYD, Suwandi, paka bahasa Inggris, Sunda, gaul, bahkan menggambarpun dipersilakan.

Keasyikan ‘Di menulis yang udah dua halaman tersebut, sedikit terusik ketika ada orang nyanyi-nyanyi di sanggar pramuka yang terletak persis di belakang kelas TIT. Anak-anak pramuka lagi latihan vokal. ‘Dipun bergegas membereskan bukunya, beranjak pulang. Dia mau ke plaza dulu, ada beberapa catatan yang harus di potocopy. Tak lama kemudian ‘Di udah tiba di plaza.

“Kang, dari halaman 20 sampe 35 rangkap dua, ya!” pintanya kepada si akang penjaga potocopian, yang meskipun ‘Di tahu si akang bukan orang Sunda melainkan asal Padang , ‘Di tetap memanggil panggilan sunda padanya. Alasannya biar si akang merasa betah dan lebih menjunjung tinggi tanah tempat dia dipijak. Biar nggak kejadian kayak di Sampit. Si akang juga kelihatan seneng-seneng dipanggil gitu, sedikit-sedikit dia udah mengerti Sunda dan kebudayaannya. ‘Di emang udah jadi langganan tetapnya serta sering mengajarinya basa Sunda.

“Sepi, Kang pada kemana…?” Tanya ‘Di sambil menyerahkan bayaran potocopian. Biasanya para pegawai lainnya suka ada di mesin FC masing-masing yang jumlahnya lima buah itu.

“ Lagi pada sholat, ‘Di….” Jawab si akang Padang.

Deg lagi, dua orang yang amat di kenal ‘Di belakangan ini masuk kios FC. Kali ini meski degnya nggak kencang, tapi hati ‘Di panas….

‘Di memalingkan wajahnya.

“Kang tolong potokopikan ini….”terdengar yang cewek bicara

‘Di udah keburu cabut. Segitunya,’Di !



****



Tolol banget gue, kutuk ‘Di pada dirinya sendiri.

Gimana kalo tuh buku ketinggalan di Angkot, keambil sama orang yang naik angkot, dan orang tersebut nggak mengerti betapa pentingnya buku tersebut. Anak-anak kelas bisa marah ke gue. Mana puisi-puisi gue ada di sana semuanya. Akhirnya ‘Di pasrah dan berharap buku tersebut ketinggalan di plaza kios FC.

Gara-gara seorang cewek yang belum jelas, semenjak dari plaza tadi ‘Di pikirannya nggak karu-karuan. Turun dari angkotpun, hampir-hampir dia gak bayar, kalau bapak yang duduk dekat supir gak ngingetin.

‘Di jadi males ke sekolah besok.



***

‘Di terlambat ke sekolah.

Pikirannya masih di buku diari kelas semalaman.

Untunglah hari ini ada ulangan kimia, sehingga ‘Di bangun juga. Hebat ya, segitu semangatnya ‘Di menghadapi ulangan kimia. Lagi-lagi bukan itu, tapi lebih disebabkan karena ‘di nggak kepingin ulangan susulan di kelas lain atau di ruangan guru. Soalnya susah kalo mau minta bantuan negara tetangga. Jadilah ‘Di bela-belain ke sekolah buat ulangan kimia bareng anak-anak sekelasnya. Ulangan kimianya jam kedua ketiga, jam pertamanya ‘Di bolos, telat geo setengah jam, mendingan nggak masuk.

Begitu masuk kelas Nunu langsung menyambutnya penuh sukacita.

“ Apa ? ulangannya nggak jadi” ‘Di kesel banget.

“ Kenapa ‘Di ? lo, udah siap banget ya….?” Nunu keheranan

Pikir ‘Di kalo tahu gini mending tadi nggak masuk aja sekalian, apalagi nanti dua jam terakhir katanya kosong juga.

‘Di berjalan menuju bangkunya, menyimpan tasnya dan sebentar kemudian sudah sibuk ngerjain soal kimia pengganti ulangan. Kali ini ngerjainnya bareng Tedi, jago kimia dan fans-fans yang lainnya.

“’Di, sini sebentar….”tiba-tiba Abdul memanggilnya.

Aduh celaka, pasti nanyain buku diari kelas.

“Buku diarinya mana,’Di ?” Tuh, kan.

“Eh, anu ketinggalan di rumah, Dul !” jawab ‘Di

“Ah, yang bener…”

Muka ‘Di udah memerah,” Iya..”

“Jangan bohong, ‘Di….” Sambung Abdul mukanya nahan senyum, sambil ngeluarin sesuatu dari laci mejanya. “ Ini, apa?” Tanya Dul

“ Lho, kok ada di elo ?” ‘Di heran campur seneng buku keramat orang kelas telah ditemukannya.

“Makanya hati-hati naruh kalo naruh barang….”ujar Abdul Karim Jabbar.

“Ketemu di mana, Dul ?” ‘Di masih penasaran juga.

“ Di plaza…”

“ Oh, kapan elo ke plaza…” ‘Di terus nanya.

“Bukan gue”

“ Lho, siapa…”

“ Anak kelas satu, cewek, cakep “



****

‘Di udah duduk di pojokan X kesayangannya, menghadapi es jeruknya yang tinggal setengahnya. Abdul sedang melahap mie ayamnya.

“Tuh, ‘Di, tuh orangnya …. “ Abdul tiba-tiba ribut sendiri.

Tampak Al dengan salah seorang temannya masuk ke X, memesan Es jeruk. Dan tersenyum ketika matanya melihat Abdul.

“Hai, kak…. Bukunya udah dikasihkan ?” Tanya Al ke Abdul.

“ Udah, nih orangnya ada” jawab Dul sambil nunjuk ‘Di.

“ Makasih, ya…” ‘Di mencoba bersikap wajar.

“Sama-sama, emang itu buku apaan sih kak, sampulnya lucu….”

“Itu buku jimat anak-anak tiga ipa tiga, kalo sampe ilang, wah nggak tahu deh, anak-anak kelas bakal ngasih hukuman apa” ujar ‘Di.

“Diari kelas anak-anak TIT” jelas Abdul

“Oh..”

“ Eh kamu hobi bolos juga,ya Al…” ‘Di udah nggak kaku lagi

“ Nggak, cuma ngerjain soal agama, udah selesai, Eh ,kok kakak tahu nama panggilan rumah saya” Al kaget setahunya hanya Fina dan Miratih yang tahu nama panggilan rumahnya. Teman-teman sekelasnya manggil dia, Ya.

“Ah, Alia… masak saya harus manggil Ali “ gurau ‘Di

Alia ketawa renyah, bikin Di’ mabuk.

“Al, juga tahu nama kakak ?” kata Alia tiba-tiba.

“Siapa ?” kaget juga ‘Di, padahal sedari tadi belum sekalipun mengenalkan diri. Agak gede rasa juga dia, ada yang mengenalnya semanis ini.

“ Yang Al tahu cuma ‘Di , bener nggak ?”

‘Di ngangguk, “ Dul yang ngasih tahu, ya ?” kata ‘Di sambil menoleh ke Abdul yang sedang menyelesaikan suapan terakhirnya.

“Nggak, bukan Gue…” sahut Abdul last feednya tertahan.

“Bukan Kak Abdul, tapi si akang di poto kopian….” Jawab Alia.

Sedikit banyak ‘Di telah mengerti.

‘ “Yu, Al. Kami duluan…. Udah dibayarin es jeruknya”’Di dan Dul menuju kelas tiga ipa tiga.

“Terima kasih, kak ‘Di”

Nggak sia-sia gue berangkat ke sekolah, makasih kimia, akhirnya gue bisa kenalan sama Alia yang ramah dan kayaknya orangnya asyik.



***

Bukan suatu kebetulan kalau ketika pulang sekolah, ‘Di ketemu lagi di angkot sama Al. tapi mereka itu saling say hai saja karena duduknya saling berjauhan. Dan nggak ada Roni di sana. ‘Di semakin pede aja.

Baru, ketika beberapa penumpang udah keluar masuk, ‘Di dan Al sudah duduk berdampingan. Ngobrol itu ini, asli Al renyah banget ! tapi ketika ‘Di ingin tahu lebih jauh lagi alamat Al nggak ngasih, nomor telponnya juga nggak. Dia cuma ngasih tahu tinggal di daerah anu. ‘Di juga nggak maksa, masih banyak waktu pikirnya.

Mereka harus berpisah ketika ‘Di mesti turun duluan di depan kompleks rumahnya. Dan angkot dengan Al di dalamnya telah berlalu.



***




































Bagian Satu


Ulangan fisika bab dua ini akhirnya selesai juga ‘Di kerjakan. Meski nggak terlalu yakin jawabannya bakal bener semua, ‘Di serahkan juga dua lembar kertas jawaban itu. Lalu bergegas keluar ruangan kelas menyusul beberapa temannya yang telah lebih dulu menyelesaikan pekerjaannya. Di kelas masih ada beberapa orang yang dengan tekun mengerjakan soal-soal ulangan tersebut. Waktu ulangan memang masih seperempat jam lagi.

Habis fisika ini sebenarnya nggak jam istirahat, anak-anak disuruh menunggu di luar sampai jam pelajaran fisika ini usai. Biasa, agar tidak mengganggu teman lain yang belum selesai. ‘Di juga Cuma duduk-duduk bareng teman-teman yang lain sambil nonton anak-anak kelas satu yang lagi pada dapat pelajaran olah raga basket. Beberapa teman ‘Di meyempatkan diri mengunjungi kantin, mumpung lagi sepi kata mereka.

Jam pelajaran fisika untuk kelas ‘Di ditaruh di dua jam pertama, masih pagi benget, masih seger-segernya. Malahan kata Bu Ami yang mengajar fisika, kelas ‘Di termasuk beruntung karena pelajaran yang susah ditaruh pada jam pagi, jadi otak kita masih seger. Tapi lain lagi pendapat anak-anak, masih ngantuk-ngantuknya disuguhi fisika gimana pelajaran mau masuk. Belum lagi kalau terlambat datang ke sekolah, tambah sial lah.

Tapi anak-anak kelas ‘Di akhirnya pasrah aja dengan ketentuan jadwal tersebut, itu kan kebijakan sekolah, lagian sekolah sendiri kan sebenarnya bingung juga nerapin jadwal untuk 24 kelas di sekolah tersebut. Dan memang pada akhirnya setelah dijalani, ya lancar aja seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah ‘Di. Maksudnya yang terlambat masuk kelas juga lancar he he he.

Habis fisika ini dilanjutkan pelajaran bahasa inggris sampai jam istirahat. Dan menurut KM kelas ‘Di, Abdul , Guru yang biasa mengajar Inggris berhalangan hadir, Cuma nitipin tugas ke guru piket. Terang aja dua jam ke depan bablas.

“ ‘Di , ngantin yu !“ sebuah sumber suara ngagetin ‘Di yang lagi merenungin hasil jawaban fisika ( yang setelah ngupingin diskusi anak-anak pinter kelas ‘Di tenyata jawabannya pada jeblok semua).

‘Di pura-pura kaget, dan menoleh ke suara jelek milik Nunu temannya.

“ Nggak ah Nu, lu aja diri, gua mah nanti pas jam resminya” tolak ‘Di.

Nunu ngeloyor pergi.

Padahal ‘Di cuma pingin konsen aja, ke fisika ? Bukan jangan buru-buru nuduh. ‘Di lagi konsentrasi merhatiin cewek kelas satu yang punya wajah manis, yang lagi o-er, yang tadi barengan dia di angkot, dan belum sempat kenalan. ‘Di masih penasaran.

“San, yang lagi o-er ini kelas satu apa sih ?” tanyanya pada Ihsan yang sama-sama menikmati anak-anak kelas satu yang lagi menikmati pelajaran olah raga itu.

“ Satu dua, …. Lucu-lucu ya, ‘Di ?”

“ Cowoknya, San ?”

“ Cowoknya mah buat elo…”

“ Eh, San yang lagi megang bola basket, lo kenal ?” tunjuk ‘Di pada sesosok tubuh manis, tentu aja cewek yang lagi ‘Di penasaranin.

“ Tahu, namanya Yanto…” jawab Ihsan sekenanya.

“ Bukan yang cowoknya, dodol ! yang sebelahnya tuh, tuh yang lagi lay up shoot , tembak… ah, sayang gak masuk ! “

Ihsan nyengir, “ Nggak tahu , tuh . Tanyain diri, gih !”

“Malu ah, banyak orang…” sahut ‘Di sambil berdiri dan ngeloyor, Ihsan ngikutin. Bel jam ketiga udah berkumandang. Mereka harus segera masuk kelas lagi. Tapi lumayan mata jadi segar lagi dan pikiran adem lagi untuk mengikuti pelajaran berikutnya. Soalnya jarang-jarang bisa cuci mata kayak begini. Biasanya pada jam segini mereka sedang berjuang-juangnya menghadapi ganasnya fisika (uih, bahasanya !). Atau nyuri-nyuri waktu untuk merem nerusin tidur semalam ( tapi biasanya nggak ada anak yang bertahan lama merem, karena langsung dibentak Bu Ami ).

Di kelas lagi, tugas Inggrisnya ternyata gampang banget. Bukan,. bukan karena soal-soal yang diberikan modelnya ‘this is a book, dat is a bok’ kayak gitu, di SMU nggak ada lagi guru yang nekat ngasih pelajaran Inggris kayak gitu. Tapi dikarenakan anak-anak kelas ‘Di pada kreatif nyari jawaban ke kelas yang sebelumnya ada pelajaran Inggris. Dan itulah kelas sebelah ‘Di.

Sejak bel tadi beberapa anak kelas sebelah asik ngimfo ke kelas ‘Di. Kebetulan sehabis istirahat nanti mereka pada ulangan fisika juga. Dan bukan kebetulan pula mereka telah mengerjakan tugas Inggris pada jam satu dan dua. Jadilah mereka saling tukeran jawaban. Sehingga belum setengah jam tugas Inggris ‘Di udah selesai. Teman-teman ‘Di juga hampir setengahnya udah selesai ngerjain. Biasa kalo nyontek pasti lancar banget.

Tapi nggak semuanya nyontek, ding. Nama-nama seperti Beni, Tedi, Kris atau Tina masih bisa ngerjain sendiri. Anak-anak lima besar emang lebih percaya pada kemampuannya sendiri. ‘Di juga bukannya nggak bisa ngerjain diri soal-soal tersebut, hanya dia lagi ada misi yang boleh dilewatkan. Jadi dia harus cepat-cepat nyelesainnya. Tuh, lihat dia lagi kompakan bareng Ihsan nongkrong dekat jendela, lihat anak-anak kelas satu yang pada o-er.

Ceritanya mereka lagi ngelanjutin ngeceng tadi yang sempat tertunda.

Teman-teman ‘Di yang lain pada ikutan nonton di jendela. Kelas ‘Di emang strategis banget. Tiga buah jendela kelas cukup buat memenuhi hasrat kelaki-lakian cowok-cowok tiga ipa tiga tersebut. Lapang o-er terlihat jelas dari kelas mereka. Mereka tidak berani keluar kelas untuk niat tersebut karena guru piket merhatiin kelas ‘Di dari tadi. Lagian kasian Abdul, sang KM yang sering ditegor guru piket, kalo anak buahnya pada berkeliaran.

Di jendela yang ditongkrongi ‘Di bertambah dua mahluk lagi, Nunu dan Saman.

“Yang rambutnya diikat dua seksi, ya!” komentar Nunu

“Ih, seksian yang pake topi “ sela Ihsan

‘Di nggak mau ketinggalan,” Seksian yang lagi berdiri deket tiang ring basket, itu tuh… toketnya gede, bokongnya gede !” Nakal, ya.

“Tapi ada yang lebih seksi lagi….” Kali ini Saman angkat bicara. “ Tuh yang lagi bawa buku tulis banyak…”

“ Yang mana, Man…..” anak-anak lainnya penasaran juga, setahu mereka di lapang tidak ada yang lagi bawa buku.

“Ini, nih… yang bentar lagi lewat di depan elo-elo !” suara Saman dipelanin sambil matanya memberi isyarat ke samping.

Bu Dewi, guru bahasa Indonesia !

Anak-anak buru-buru nutup tirai jendela, sebagian jongkok sambil cengar-cengir. Nunu udah sakit aja nahan ketawa. Ada-ada aja si Saman ini, guru dikomentarin.

Sebentar kemudian anak-anak tersebut udah nerusin aktivitasnya lagi. Ngomentarin ini itu. Yang baju o-ernya kegedean lah, yang dribble bolanya salah melulu, ataupun yang toketnya kekecilan (hus !).

Sebagian anak-anak kelas’Di udah pada keluar kelas, sebentar lagi bel istirahat bakal bunyi. Biasanya kalo mau istirahat gini, guru piket juga nggak ada yang negor, udah pada maklumin.

Dan anak-anak yang pada ngalong di jendela pun satu persatu mulai meninggalkan jendela kesayangan tersebut. Semua pada ngacir ke kantin, mumpung belum penuh kantinnya. Biasanya kalo udah bunyi belnya, tuh kantin sering tidak muat ngelayanin anak-anak se-sekolah yang pada berebutan pingin duluan makan. Dan akhirnya yang ketelatan datang suka nempatin daftar tunggu. Kayak ibadah haji di Indonesia aja, ya.

“ Tunggu, Nu….” ‘Di berlari ngikutin Nunu duluan menuju kantin. Tak habis pikir ‘Di, bukannya Nunu ini tadi udah ke kantin, pagi sebelum masuk kelas juga ‘Di ngelihatnya udah nongkrong di kantin. Kaya ‘kali Nunu, pikir ‘Di.

Mereka berdua tiba di kantin X. Oh, ya di sekolah ‘Di sini, kantin resminya ada tiga buah. Masing-masing dinamain kantin X, Y, dan Z (kayak pelajaran matematika, ya). ‘Di juga enggak tahu kenapa dinamain begitu. Katanya nama tersebut udah ada sejak beberapa generasi sebelum ‘Di masuk sekolah tersebut. Dan enggak pernah ada yang protes, minta ganti jadi kantin A, B, atau C misalnya.

Orang-orang sekolahan juga nggak terlalu peduli, yang penting makanannya enak, harganya murah, dan bersih. Kantin Z yang deket mushola biasanya tempat langganan para guru, kantin Y biasanya langganan para pelajar cewek sekolahan, sedangkan kantin X tempat nongkrongnya anak cowok. Di X inilah dada ‘Di berdebar lebih cepat dari biasanya. Lagi khusu-khusunya memesan mie ayam, di samping ‘Di telah berdiri mahluk manis berbau keringet dikit, langsung pesen es jeruk. Mahluk yang tadi bermain-main sebentar di khayalan’Di. Nggak sendirian sih, dia bareng dua teman lainnya. ‘Di gugup sebentar, setelah tak lama kemudian udah menguasai diri dan duduk di pojokan X menikmati mie ayam kegemarannya. Matanya menempel sesosok keringatan tadi.

Nunu mana ya, pikir ‘Di.

Nununya lagi ngeroko, bareng teman yang lainnya di bagian dalam kantin tempat rahasia cowok untuk berhembus.

Deg ! Dada ‘Di berdebar lebih cepat dari tadi. Tiga tubuh berjalan ke arah mejanya. Dan cuek aja mereka duduk pinggir , sambil menikmati es jeruknya, ‘Di seolah-olah nggak ada di sekitar mereka, terus sibuk ngobrol ngaler ngidul.

“Eh, aku punya rahasia, lho….” Salah seorang dari mereka berkata suatu ketika. bukan si manis khayalan ‘Di. ‘Di yang mau nggak mau terlanjur udah nguping dari tadi jadi tertarik.

“Apaan….. “sahut dua yang lain.

“ Kalian tahu kan Roni, yang jago basket itu ?”

“ Yang kelas tiga ipees satu ?” si manis keringetan nanya.

“ Iya. Menurut kamu cakep nggak Al ?”

(Oh, namanya Al, Al apaan, ‘Di seaakan mendapat titik terang)

“ Ya, lumayan, lah…”jawab si manis keringetan, Al tadi , “ Emang kenapa, kamu ngeceng dia, Rat ?” lanjutnya.

“ Iya, kamu naksir, ya Rat ? “ temannya yang dari tadi diam aja ikut nuduh.

“ Bukan, bukan aku…..” jawab Rat ( belum ketahuan Ratih, Ratna, apa Ratu atau apa..)

“ Lantas ?” Semakin tertarik ‘Di nguping, tapi pura-pura nggak merhatiin, pura-pura sibuk sama mi ayamnya yang hampir habis.

“ Roni naksir ama kamu, Al !”

Deg ! dada Al terguncang kecil, tapi udah biasa lagi.

Yang lebih keras justeru dadanya ‘Di. Nggak tahu kenapa.

“Ah, yang bener Rat ? Kamu tahu dari siapa ?” Al nanya tenang.

“Ada deh….Gimana kamu interesting ?”

“Otak kamu gimana, Fi” Al ngelempar ke Fi, si cewek satunya lagi.

“You’re so lucky…” tangkap Fi.

Al kelihatan mikir, tanpa sadar matanya memandang ‘Di yang sibuk dengan suapan terakhirnya.

“Ah, males ah….. Udah , yu !”Al meng-kirikan pembicaraan seputar itu.

Kemudian mereka bergegas membayar es jeruk dan keluar dari X.

‘Di juga demikian, setelah minum dua gelas air teh dan membayar berlari ke kelas tiga ipa tiga, kelas dia bernafas. Namanya Al apa, ya… atau apa Al ? benaknya iseng lagi.



*****



“ ‘Di pulang ke plaza dulu, yu !” ajak Nunu sesaat sebelum berdoa mau pulang di komandokan Abdul. ‘Di sedang sibuk memasukkan buku LKS agamanya.

“ Nggak, ah… mau langsung pulang. Lapar !” sahut ‘Di pendek.

“ Di kantin aja “ usul Nunu

“ Nggak ! lagi ngirit…”

“ Gue yang bayarin…” rayu Nunu.

“ Nggak, gue masih punya harga diri…”

“ Ya, Udah gua ngajak Ririn aja, katanya dia juga mau beli kertas gambar…”

Tiba-tiba ‘Di serasa diingetin.

“ Gue nitip kertas gambar dong, Nu !” dengan malu-malu ‘Di memohon, baru sadar dia bahwa kertas gambarnya tinggal selembar.

Tapi Nunu udah nunduk, Abdul udah mengisyaratkan berdoa.

Kepala ‘Di pun ikutan nunduk.



****



Sekolahan sudah sepi, pi !

Dengan sedikit rayuan (dan imbalan), ‘Di berhasil nitip ke Nunu buat dibeliin kertas gambar sepuluh lembar. ‘Di bukannya males ke plaza, nongkrong sampai jam tiga, dan ngecengin anak-anak sekolah lainnya emang hobinya semenjak kelas dua kemaren. Tapi berhubung kali ini dia lagi ada misi khusus, terpaksa hobinya ditunda.

Dengan mengendap-endap dia menyelinap ke satu dua, yang udah sepi, menuju meja guru. Di meja guru biasanya disimpan buku absenan, pikirnya. Sibuk membuka laci, yang emang nggak ada kuncinya. Nah, ini dia. Lalu dia sibuk meneliti nama-nama yang tertera di absenan. Gayanya udah mirip agen aja. Agen togel maksudnya mah. Tak lama kemudian hatinya bersorak sorai gembira. Yes !

Tak lama dia udah ada di depan sekolahan. Udah nunggu angkot yang biasa membawanya pulang. Perutnya udah tereak-tereak dari tadi, mana belum sholat dluhur lagi, ngebela-belain nunggu sekolahan sepi, hanya untuk mengetahui sebait nama, yang bikin gelisah dari tadi.

Tapi sekarang udah nggak lagi resah, malahan besok dia semangat ke sekolah.



***



Besoknya.

‘Di udah nongkrong di kelas, sibuk ngerjain peer matematika. Nyontek punyanya Kris. Nyontek asli dia, nggak kayak Dani, temannya yang nyontek tapi masih nanya-nanya ke yang dicontekin dan kadang-kadang nggak seide ama jawaban Kris si empunya buku. Dani sering protes dengan jawaban Kris, dan Kris dengan sabar memberi argumen tentang jawabannya dan biasanya betul. Padahal itu bisa-bisanya si Dani aja minta diterangin. ‘Di yang suka berhenti sejenak dari nyonteknya untuk merhatiin keterangan Kris, jadi sedikit ngerti juga (untuk sesaat, karena dia biasanya udah lupa lagi).

Lain lagi dengan Iwan, temannya yang lain yang sama-sama hobi nyontek. Dia berprinsip tulis dulu semuanya, ngertinya belakangan. Nulisnya giat banget, pas lagi guru nerangin dia sibuk menulis semua yang diucapkan guru, sampe yang tidak perlunyapun dia tuliskan di bukunya. Nulisnya cepet, wartawan aja kalah. Walhasih buku-buku tulisnya cepat habis.

Selesai !

‘Di udah selesai nyonteknya, masukin bukunya ke laci mejanya.

“Makasih, banyak-banyak Kris…..” ujarnya ke Kris dan ngalong di kelas bareng Ihsan.

“Peer apaan, sih ‘Di ?” Tanya Ihsan. Dia heran perasaan nggak ada homework.

“Matellalica…”jawab ‘Di seenaknya

“Matematika ? sekarang hari apa, ya….”Ihsan kaget, berjalan ke kalender meja guru. Lalu, “Ya, salah lagi bawa buku……”

‘Di udah nggak terkejut lagi, terlampau sering Ihsan kelupaan jadwal pelajaran. Padahal otaknya masuk sepuluh besar di kelas. Jadilah Ihsan bersibuk-sibuk nyalin jawaban matematika ‘Kris yang masih dikerubungi anak-anak.

‘Di menghampiri anak-anak cewek yang sedang sibuk ngerumpi pagi di banku depan. “ Aiyyo, pada ngomongin gue, ya…” cerocosnya tanpa ba bi bu.

“ Ye, enak aja nuduh… kita lagi ngomongin sinetron semalam juga !” April yang ngejawab, diwarnai sewot.” Geer, Lo !” sambung yang lain.

“Yah.., kapan dong gue pada ngomongin !” ‘Di memelas, ngeloyor ke luar kelas.

April and gank pada bengong.



****











Istirahat telah tiba lagi.

‘Di udah di X lagi, duduk di pojokan seperti kemarin. Kali ini dia lahap menikmati batagor bareng Nunu. Dia mesti nraktir Nunu seperti janjinya kemarin, gara-gara nitip beli kertas gambar. Mata ‘Di bertualang seantero X dan sekitar, berharap menangkap sosok Al, yang semalam suntuk berenang-renang di benaknya.

Kini ‘Di melayangkan pandangannya ke luar X, ke Y di seberangnya, atau ke Z di sebelahnya. Ups, itu kan Al, bareng siapa, ya….Roni ! Deg- nya dada ‘Di mengencang. Al bareng Roni keluar dari Y, ngobrol akrab. Dan berlalu begitu saja dari hadapan ‘Di yang terpaku di tempat duduknya.

“Lo, udah ‘Di ? Cabut ,Yu !” Nunu mengagetkannya.

“Oh, udah… nih uangnya, tolong bayarkan !” kata ‘Di sambil menyerahkan lima ribuan ke Nunu.

“Pake kembalian ?” pura-pura bloon tuh Nunu.

“Gue getok pake palu pala lo, kalo dua ribuan gue lo sikat !” ancam ‘Di.

Nunu berhaha hihi aja. Uang segitu-gitunya mau diembat, ‘Di membatin.

Mereka berduapun menuju kelas, sesaat lagi bel berbunyi.

“ Eh, tumben-tumbenan lo nggak berhembus, Nu…”

“Elo belum tahu, ya ?”

“Apaan ?” ingin tahu’Di

“ ‘Kan tadi ada inpeksi mendadak ke tempat rahasia, ada yang ngebocorin tentang anak-anak sering ngerokok di X” jelas Nunu serius.

Lalu dia bercerita bahwa tadi pagi waktu Abdul ngambil kapur tulis di ruang administrasi, dia ngedenger seorang siswa lagi ngobrol sama pak kepsek. Dan dalam pembicaraan tersebut tersirat pembicaraan larangan ngerokok di sekolahan, buntut-buntutnya nyabit-nyabit masalah tempat rahasia di X. Abdul langsung ke Mang Ade pengelola kantin X, nitip pesen agar anak-anak nggak berhembus dulu. Mang Ade emang udah kompakan dengan penghembus-penghembus sekolahan. Dan selama ini berjalan aman-aman aja. Saling mempercayai. Mang Ade juga ingin jualan rokoknya laku. Jualan rokonya ke anak-anak sembunyi-sembunyi.

Pantesan para penghembus sekolahan hari itu kelihatan lemes banget seharian. ‘Di sendiri bukanlah penghembus, kadang dia cuma ikut-ikutan aja. Ngerokok pahit, katanya. Lalu berhenti, dan memilih mengulum permen sehingga giginya sering sakit.

“Duluan aja Nu, gue mau ke pipis dulu….”’Di berbelok ke WC

“Ya, Udah…” Nunu meneruskan langkah menuju kelas.

“Eh, tunggu Nu…”’Di nggak meneruskan niatnya dan menggil Nunu.

“Kok, nggak jadi ?” Nunu heran.

“ Jadi nggak pingin !” jawab ‘Di kalem. Padahal hatinya sedang resah. Sekilas tadi di dekat WC dia lihat Al dan Roni lagi ngobrol. Duh…



***



Saatnya pulang sekolah.

“ ‘Di, lo ngisi diari kelas lagi ,ya !”

“ Bukannya sekarang giliran, Ema, Dul ?” ‘Di protes nolak tugas harian penduduk tiga ipa tiga itu.

“ Mahluk tersebut keburu pulang, ‘Di. Dia mungkin lupa” jawab Abdul sang KM teman baiknya yang sewaktu kelas satu dan dua dulu juga sekelas. Pengalaman tiga tahun jadi KM. Waktu SMP mereka juga pernah sekelas, di SMP negeri 1.

“ Gue pulang duluan,’Di….” Pamit Abdul Karim Jabbar.

“ Ya, deh. Hati-hati motor lo nabrak becak lagi !”

Teman-teman tiga ipa tiga-nya udah pada pulang. Tinggal beberapa anak sedang bersih-bersih kelas buat besok. Ririn dan Anna sedang shabu-shabu,eh, sapu-sapu sementara Iwan menghapus papan tulis.

“Nggak pulang ‘Di ? “ Iwan yang udah selesai ngehapus board menghampiri tas punggungnya, tangannya saling ditepukkan.

“Eh, debunya tuh…!” ‘Di menghindar debu pecahan kapur dari tangan Iwan yang melayang bebas di mukanya.

“ Hi..hi Sorry, ‘Di…., eh pulang yu ! “ ajak Iwan.

“ Sok, duluan… mau nulis dulu”.

Iwan, yang ceritanya pingin ngelanjutin sekolah di Akabri tersebutpun berlalulah. Tubuh Iwan memang sudah atletis, cocok jadi tentara. Di sekolah dia ikut kegiatan paskibra. Baris berbarisnya udah ngalahin hansip. Kalau upacara bendera hari Senin, dia sering kebagian jadi komandan upacara. Hal tersebut sudah berlangsung sejak kelas dua. Suatu ketika Iwan bosen jadi komandan upacara, diapun usul kepada pak kepsek.

“Pak, untuk senin depan saya pingin naik jabatan” katanya kepada pak kepsek yang habis memberi wejangan. Beliau sedang mengelap keringatnya dengan saputangan, matahari senin pagi terasa lebih panas dibanding sore ketika mendung (iya, dong)

“ Naik jabatan bagaimana maksud kamu, Wan !” sahut pa kepsek

“ Maksud saya, Senin depan saya ingin jadi pembina upacara, Pak” jawab Iwan polos.

Disogok sama apapun Pak Kepsek nggak akan pernah setuju, Wan.



*****



‘Di sedang sibuk menulis di buku harian kelas. Buku milik anak-anak tiga ipa tiga, yang berisi cerita-cerita seputar kelas itu, semenjak masuk hingga pulang sekolah. Atau kegiatan apapun di sekolah yang patut diceritakan. Anak-anak TIT bergiliran tiap hari mengisi diari itu, minimal selembar sehari. Macam-macam cerita terdapat di dalamnya, semua bebas curhat tentang segala hal di kelas. Hal-hal di luar kelas juga boleh dutuangkan di buku tersebut kalau nggak malu.

Peraturannya cuma satu yaitu nggak boleh menulis hal-hal yang bersifat nyinggung perasaan orang kelas. Kalau mengeritik mah boleh. Biasanya anak-anak menulisnya setelah jam pelajaran usai. Kadang kadang kalau ada ide saat pelajaran berlangsung juga boleh, istilahnya siaran pandangan mata. Banyak juga anak-anak yang bikin puisi di dalamnya. Kalau pingin tahu tingkat kepopuleran kita di kelas, lihat saja diari ini seberapa banyak nama kita disebut-sebut di dalamnya.

Buat yang hobi nulis, kegiatan ini membantu penyaluran hobinya tersebut, di samping melatih keterampilan anak-anak TIT dalam hal menulis meskipun sekenanya dan seadanya. Di sini bebas, mau gaya EYD, Suwandi, paka bahasa Inggris, Sunda, gaul, bahkan menggambarpun dipersilakan.

Keasyikan ‘Di menulis yang udah dua halaman tersebut, sedikit terusik ketika ada orang nyanyi-nyanyi di sanggar pramuka yang terletak persis di belakang kelas TIT. Anak-anak pramuka lagi latihan vokal. ‘Dipun bergegas membereskan bukunya, beranjak pulang. Dia mau ke plaza dulu, ada beberapa catatan yang harus di potocopy. Tak lama kemudian ‘Di udah tiba di plaza.

“Kang, dari halaman 20 sampe 35 rangkap dua, ya!” pintanya kepada si akang penjaga potocopian, yang meskipun ‘Di tahu si akang bukan orang Sunda melainkan asal Padang , ‘Di tetap memanggil panggilan sunda padanya. Alasannya biar si akang merasa betah dan lebih menjunjung tinggi tanah tempat dia dipijak. Biar nggak kejadian kayak di Sampit. Si akang juga kelihatan seneng-seneng dipanggil gitu, sedikit-sedikit dia udah mengerti Sunda dan kebudayaannya. ‘Di emang udah jadi langganan tetapnya serta sering mengajarinya basa Sunda.

“Sepi, Kang pada kemana…?” Tanya ‘Di sambil menyerahkan bayaran potocopian. Biasanya para pegawai lainnya suka ada di mesin FC masing-masing yang jumlahnya lima buah itu.

“ Lagi pada sholat, ‘Di….” Jawab si akang Padang.

Deg lagi, dua orang yang amat di kenal ‘Di belakangan ini masuk kios FC. Kali ini meski degnya nggak kencang, tapi hati ‘Di panas….

‘Di memalingkan wajahnya.

“Kang tolong potokopikan ini….”terdengar yang cewek bicara

‘Di udah keburu cabut. Segitunya,’Di !



****



Tolol banget gue, kutuk ‘Di pada dirinya sendiri.

Gimana kalo tuh buku ketinggalan di Angkot, keambil sama orang yang naik angkot, dan orang tersebut nggak mengerti betapa pentingnya buku tersebut. Anak-anak kelas bisa marah ke gue. Mana puisi-puisi gue ada di sana semuanya. Akhirnya ‘Di pasrah dan berharap buku tersebut ketinggalan di plaza kios FC.

Gara-gara seorang cewek yang belum jelas, semenjak dari plaza tadi ‘Di pikirannya nggak karu-karuan. Turun dari angkotpun, hampir-hampir dia gak bayar, kalau bapak yang duduk dekat supir gak ngingetin.

‘Di jadi males ke sekolah besok.



***

‘Di terlambat ke sekolah.

Pikirannya masih di buku diari kelas semalaman.

Untunglah hari ini ada ulangan kimia, sehingga ‘Di bangun juga. Hebat ya, segitu semangatnya ‘Di menghadapi ulangan kimia. Lagi-lagi bukan itu, tapi lebih disebabkan karena ‘di nggak kepingin ulangan susulan di kelas lain atau di ruangan guru. Soalnya susah kalo mau minta bantuan negara tetangga. Jadilah ‘Di bela-belain ke sekolah buat ulangan kimia bareng anak-anak sekelasnya. Ulangan kimianya jam kedua ketiga, jam pertamanya ‘Di bolos, telat geo setengah jam, mendingan nggak masuk.

Begitu masuk kelas Nunu langsung menyambutnya penuh sukacita.

“ Apa ? ulangannya nggak jadi” ‘Di kesel banget.

“ Kenapa ‘Di ? lo, udah siap banget ya….?” Nunu keheranan

Pikir ‘Di kalo tahu gini mending tadi nggak masuk aja sekalian, apalagi nanti dua jam terakhir katanya kosong juga.

‘Di berjalan menuju bangkunya, menyimpan tasnya dan sebentar kemudian sudah sibuk ngerjain soal kimia pengganti ulangan. Kali ini ngerjainnya bareng Tedi, jago kimia dan fans-fans yang lainnya.

“’Di, sini sebentar….”tiba-tiba Abdul memanggilnya.

Aduh celaka, pasti nanyain buku diari kelas.

“Buku diarinya mana,’Di ?” Tuh, kan.

“Eh, anu ketinggalan di rumah, Dul !” jawab ‘Di

“Ah, yang bener…”

Muka ‘Di udah memerah,” Iya..”

“Jangan bohong, ‘Di….” Sambung Abdul mukanya nahan senyum, sambil ngeluarin sesuatu dari laci mejanya. “ Ini, apa?” Tanya Dul

“ Lho, kok ada di elo ?” ‘Di heran campur seneng buku keramat orang kelas telah ditemukannya.

“Makanya hati-hati naruh kalo naruh barang….”ujar Abdul Karim Jabbar.

“Ketemu di mana, Dul ?” ‘Di masih penasaran juga.

“ Di plaza…”

“ Oh, kapan elo ke plaza…” ‘Di terus nanya.

“Bukan gue”

“ Lho, siapa…”

“ Anak kelas satu, cewek, cakep “



****

‘Di udah duduk di pojokan X kesayangannya, menghadapi es jeruknya yang tinggal setengahnya. Abdul sedang melahap mie ayamnya.

“Tuh, ‘Di, tuh orangnya …. “ Abdul tiba-tiba ribut sendiri.

Tampak Al dengan salah seorang temannya masuk ke X, memesan Es jeruk. Dan tersenyum ketika matanya melihat Abdul.

“Hai, kak…. Bukunya udah dikasihkan ?” Tanya Al ke Abdul.

“ Udah, nih orangnya ada” jawab Dul sambil nunjuk ‘Di.

“ Makasih, ya…” ‘Di mencoba bersikap wajar.

“Sama-sama, emang itu buku apaan sih kak, sampulnya lucu….”

“Itu buku jimat anak-anak tiga ipa tiga, kalo sampe ilang, wah nggak tahu deh, anak-anak kelas bakal ngasih hukuman apa” ujar ‘Di.

“Diari kelas anak-anak TIT” jelas Abdul

“Oh..”

“ Eh kamu hobi bolos juga,ya Al…” ‘Di udah nggak kaku lagi

“ Nggak, cuma ngerjain soal agama, udah selesai, Eh ,kok kakak tahu nama panggilan rumah saya” Al kaget setahunya hanya Fina dan Miratih yang tahu nama panggilan rumahnya. Teman-teman sekelasnya manggil dia, Ya.

“Ah, Alia… masak saya harus manggil Ali “ gurau ‘Di

Alia ketawa renyah, bikin Di’ mabuk.

“Al, juga tahu nama kakak ?” kata Alia tiba-tiba.

“Siapa ?” kaget juga ‘Di, padahal sedari tadi belum sekalipun mengenalkan diri. Agak gede rasa juga dia, ada yang mengenalnya semanis ini.

“ Yang Al tahu cuma ‘Di , bener nggak ?”

‘Di ngangguk, “ Dul yang ngasih tahu, ya ?” kata ‘Di sambil menoleh ke Abdul yang sedang menyelesaikan suapan terakhirnya.

“Nggak, bukan Gue…” sahut Abdul last feednya tertahan.

“Bukan Kak Abdul, tapi si akang di poto kopian….” Jawab Alia.

Sedikit banyak ‘Di telah mengerti.

‘ “Yu, Al. Kami duluan…. Udah dibayarin es jeruknya”’Di dan Dul menuju kelas tiga ipa tiga.

“Terima kasih, kak ‘Di”

Nggak sia-sia gue berangkat ke sekolah, makasih kimia, akhirnya gue bisa kenalan sama Alia yang ramah dan kayaknya orangnya asyik.



***

Bukan suatu kebetulan kalau ketika pulang sekolah, ‘Di ketemu lagi di angkot sama Al. tapi mereka itu saling say hai saja karena duduknya saling berjauhan. Dan nggak ada Roni di sana. ‘Di semakin pede aja.

Baru, ketika beberapa penumpang udah keluar masuk, ‘Di dan Al sudah duduk berdampingan. Ngobrol itu ini, asli Al renyah banget ! tapi ketika ‘Di ingin tahu lebih jauh lagi alamat Al nggak ngasih, nomor telponnya juga nggak. Dia cuma ngasih tahu tinggal di daerah anu. ‘Di juga nggak maksa, masih banyak waktu pikirnya.

Mereka harus berpisah ketika ‘Di mesti turun duluan di depan kompleks rumahnya. Dan angkot dengan Al di dalamnya telah berlalu.



***

Tidak ada komentar: