Senin, 20 April 2009

lagu-lagu jadul, permata hitam

masih inget banget tentang lagu ini. permata hitam. dipopulerkan pertama kali sebenarnya oleh mas ikang fawzi. tetapi aku lebih mengenalnya ketika keluar dari tenggorokan serak (alm) kang gito rollies. waktu itu kelas 4 sd. saudara sepupu punya kaset ini. kebetulan teman sd ada juga yang punya kaset ini. yap, kaset the best of gito rollies yang kang gitonya dengan wajah sangar bersedekap cool dengan nuansa warna sampulnya antara pink dan ungu kalo gak salah. gito rollies yang nama aslinya bangun sugito adalah salah seorang anggota band legend the rollies yang saat ini sudah almarhum juga karena para personilnya sudah uzur dan sebagian sudah meninggalkan dunia fana.

gara-garanya temen-temen yang meskipun sd pada suka hampir seluruh lagu di album ini. kang deden roni sang rocker sd menyanyikan permata hitam di depan kelas dan mengundang decak kagum seisi kelas termasuk bu guru (bu amah). kalo ada standing 'keprok' mungkin saat itu juga anak-anak akan demikian. maklumlah, deden roni the rocker 'cilik' kelas menyanyikannya dengan gaya sekali dan beda banget dengan kami yang paling banter nyanyi lagu-lagu perjuangan like always. saya sendiri diketawain teman sekelas karena berani-beraninya nyanyiin lagu 'mars pemilu'. kan bukan jamannya pemilu, begitu alasan mereka ngetawain saya. saya sih cuek saja, habis bosan juga kalo nggak satu nusa, bagimu negeri, atau garuda pancasila yang waktu itu wara-wiri tiap hari sehabis berita nasional di tvri.

nah, setelah sang rocker pentas di depan kelas banyak anak yang mengikuti jejaknya. semua pada bercita-cita jadi rocker, konon sang rocker cilik sendiri urat suaranya udah pecah jadi bisa mendaki nada-nada tinggi. bener gitu? kayaknya ini perlu diteliti lebih lanjut. namun kegilaan temen saya yang rocker sebenarnya gak aneh juga sih soalnya lingkungan tempat tinggalnya konon banyak diisi pemuda calon-calon rocker meskipun sekelas 17 agustusan doang. bahkan dedenpun sering manggung pada saat 17 agustusan di rw-nya. jaman-jaman itu kan lagi ngetrend anak kecil jadi rocker. for example : micky jaguar (kemana ya tuh orang ?).

berbekal kaset gito rollies the best. sayapun ngapalin lagu-lagu di album itu bahkan menuliskan liriknya di selembar kertas yang di kemudian hari menjadi songbook saya yang pertama. kalo deden dengan cool menyanyikan lagu 'permata hitam' yang melengking-lengking maka lagu lainnya saya sukai abis-abisan. mau tahu? lagu 1, 2,3 yang bertema persahabatan yang featuringnya farid harja menurut saya keren abis. nyantai tapi asyik... 1, 2 3 telah tiba kini saatnya kita nyanyi bersama-sama.... gitu kira-kira liriknya. kapan-kapan deeply kita bahas. saya emang demen lagu-lagu dengan tema humanisme seperti ini. mungkin sudah jenuh denger lagu-lagu cinta model pance pondaag dan obi mesakh yang merajai tangga lagu indonesia di samping lagu-lagu dangdut low profile high quality. (tahu kan, modelnya termiskin di dunia, gubuk derita, pasrah, dll)

buntutnya kami jadi pada suka lagu-lagu rock lokal lainnya seperti semua lagu di album preman-nya ikang fawzi. aan nurjaman nekad nyanyiin lagu 'moral' pas pulang sekolah. sementara erwin herdiana dan yopi bharata (masih ingat dia kan?) nyanyiin lagu 'gadis itu' dengan gaya yang blocking-blocking gitu. sementara tatang suryana yang orang sukadana nyanyiin lagu 'misteri' masih dari kang gito di album the best. eh, belakangan saya juga suka lagu misteri ini karena isinya filosofis begitu. ternyata juga saya kemudian tahu bahwa lagu ini pernah dipopulerkan oleh euis darliah.

ternyata fenomena anak-anak sd suka lagu-lagu orang gede bukan hanya monopoli jaman facebook aja, pren. jamannya kita sd juga ternyata sudah seneng nyanyi lagu-lagu orang dewasa. tapi mungkin gak separah sekarang. atau apa karena jaman dulu belum banyak tv swasta yang gila-gila hingga gak terekpos begitu rupa kaya sekarang. entahlah juga. yang jelas setahu saya, jaman dulu juga banyak festival-festival nyanyi di tv tapi lagu-lagunya bukan lagu-lagu buat orang dewasa, tetapi disesuaikan dengan umur. dulu kan ada di tv tiap seminggu sekali sesuatu yang mirip lomba nyanyi. kalo gak salah ditayangkannya tiap sore dan gak siaran langsung. jurinya ada yang namanya bu fat, bu meinar, dan beberapa nama yang saya udah lupa karena dulu banget dan jarang merhatiin. saat itu kita yang masih imut lebih nunggu film kartun daripada yang nyanyi-nyanyi gitu.

oh, ya seperti biasa saya tuliskan lirik lagunya kang deden roni yang ngetop abis di jaman saya sd, permata hitam....

.....
permata hitam
dipopulerkan oleh ikang fawzi (gito rollies juga)

owwww....

gerak bibirnya sangat kaku
tatap matanya menerawang setiap sudut
raut wajahnya melukiskan kehampaan
tiada terbersit ceria di hatinya
owh

bridge "
langkah-langkahnya tak terarah
rambut terurai panjang tiada dihiraukan
tiada tegur sapa walau semua menatapnya
berjalan lemas menelusuri derita.....
tersesat....!

di balik seribu noda tersimpan permata
di balik seribu noda kau gadis jelita

reff :
mengapa kau ragu
mengapa kau bisu
apakah kau kecewa dengan dunia ini
ciptakan bahagia
genggamlah harapan
gadis bukalah matamu dan sambutlah tanganku
kita berlari menuju masa depan
...
oweo oweo oh oweo.....

bridge, reff
.....

melihat tema dari lagu ini ternyata gak beda dari lagu ikang fawzi yang lainnya. tema tentang wanita yang kesasar dan mencoba diingatkan oleh mas ikang. simak saja lagu 'gadis sentris', lagu 'jalang', dan 'lagu jangan main api'. atau yang rada ekstrem lagu yang berjudul lolita di album preman yakni tentang wanita ' tersesat' yang disimpatiin oleh mas ikang. sebagai rocker yang baik, ikang memang banyak mengangkat tema sosial dalam lagu-lagunya selain-lagu-lagu keren bertema cinta.

jadi ngomongin ikang fawzi. tapi asyik juga lho, soalnya yang dimaksud rocker pada jaman saya sd, ya ikang fawzi atau gito rollies ini. atau tambahan lainnya hari mukti (ingat, laron-laron) bisa jadi juga gara-gara kami pada kuper waktu itu. atau mungkin karena media tv nggak seramai sekarang. radio aja di garut baru cuma reks, antares (the bestnya), nbc, dan rugeri (jalur 81 sekian sekian...sehabis magrib), dan semuanya beroperasi di am radio yang keresek-keresek. dan juga semuanya kompakan muter dongen mang jaya, wa kepoh, dan mang satar. tapi walaupun meskipun.... that's the best moment in my life.

sekarang teman-teman sd saya sudah pada kemana-mana. ada yang nerusin jejak seni, ada yang jadi rocker gagal (nggak tahu lagi kabarnya), ada yang jadi aktivis, ada yang bikin band (tapi nggak seberuntung band sekarang), ada yang jadi kuli di kota besar, ada yang jadi supir, ada yang jadi guru, dan ada juga yang gak ada kerjaan.... kayak saya ini, nulis blog tentang pengalaman jadul dan........ sibuk facebook !

20 april 2009....
besok hari kartini...... habis gelap terbitlah terang

Tidak ada komentar: