Kamis, 19 Februari 2009

my akustik hobby

....

hobby saya yang lain yang bisa dikatakan enggak ada kerjaan, mungutin satu-satu lagu jenis akustik. maksudnya semua lagu yang cuma diiringi dengan alat musik akustik baik itu gitar ataupun piano. setidak-tidaknya semua lagu yang minimalis banget suara ketukan dram. iseng saja yang kemudian kecanduan.

mulanya dulu-dulu, ketika more than words jadi hits. sebelumnya basik musik kesukaan adalah slow rock. setelahnya saya jadi terkagum-kagum kepada band-band metal atau rock yang punya lagu sweet atau slow rock. sepertinya ada dua kepribadian dalam sesuatu di mana keduanya bertolak belakang. kok bisa ya , gitu ! pintu saya mengenal lagu-lagu band extreme adalah more than words itu, yang kemudian saya bela-belain belajar lagu tersebut sekalian cara ngegitarnya sampai saya jago lagu tsb dan ditampilkan dalam acara valentinan smp dulu.

kemudian ada lagu try to find me dari gorky park, asyik kali kalo bisa nyanyiin lagu lembut dengan tenggorokan rock, jadi kedengaran macho meskipun halus. kemudian after the rain nya xyz yang hingga kini belum dapat mp nya tetapi dulu pernah bareng teman sekampus menyanyikannya di suatu acara dengan versi plus drum. saya yakin para penonton waktu itu pada bete. pertama gak kenal lagunya, maklum lagu lama. kedua keki pada kami , biarin aja.

bener-bener pengalaman yang melelahkan tanpa berlari. kaset-kaset metal atau rock yang saya beli yang pertama-tama saya cari pasti lagu slow roknya, syukur-syukur ada lagu akustik. bisa dipastika lagu slow bakalan jadi hits. demikian juga lagu akustik. ingat kasus firehouse dengan love of a lifetimenya atau extreme tadi. bahkan band sekaliber metallica punya nothing else matters yang mampu mendekatkan semua orang untuk mendengarkan lagu-lagu mereka. seperti kita tahu fh kemudian semakin mencuat dengan lagu slowrock atau sweetnya. sialan, mereka aman-aman saja menjejalaji berbagai negeri. lagu-lagu cinta mereka membuai banyak orang. sayang gak ada akustik yang cuma gitar aja lagu mereka meskipun mereka pernah ngeluarin album akustik. mungkin di konser-konser mereka kali pernah skali dua kali nyanyiin lagu dengan cuma iringan gitar saja.

nah itu, maksud saya, kalau masih belum ngeh juga, sebuah lagu (terutama dari grup band) yang cuma diiringi gitar akustik sebagai pemain utama (atau piano, kayak love of my life queen) dan boleh lah figurannya haihet drum atau tamborin (to be with you mr big) atau string piano (di banyak lagu biar manis)

lagu after the rain saya kenal ketika tengah malam di radio rugeri, asyik baget petikan akustik dengan teriakan vokalisnya yang tinggi banget. itu waktu kelas tiga smp kalau gak salah. pas saya mulai main band. tapi masih belum cukup uang untuk beli kasetnya. lagian itu termasuk lagu lama, sekitar akhir delapan puluhan. sedangkan waktu itu 91 - 92. ada juga when the children cry nya white lion yang saya kenal di kaset slow rock 1. padahal waktu itupun saya sudah tergila-gila dengan dust in the wind kansas atau as tears go by rolling stones. saya kayaknya jangan melupakan patience nya gnr. lagu kebangsaan waktu itu dan kayaknya masih juga hingga kini. pertama kali mendengarnya dari kaset cover version yang dengan isengnya saya beli di nusantara seharga enam ribu dari patungan anak-anak thinker (kemudian kasetnya raib di tangan ombie). di sma saya dan ombie tergila-gila dengan lagu ini dan sering duet maut sambil gitaran melengking-lengkingkan lagu ini.

di smp juga ada bali bagus slank dari kubu lokal dan syair kehidupan ahmad albar (kebetulan saya punya kasetnya dan raib di tangan ijo). dan gnr juga ada lagu you ain't the first (jadi ingat indrayadi abdillah, yang pernah diskusi dikit tentang lagu ini). di sma awal-awal ada russianya shadow king yang saya kenal di slow rock no 4 (saya merekamnya lagi saat kuliah dari samsul, yang sehobi juga) of course mr big to be with you.

kelas duaan sma kayaknya makin banyak lagu yang saya kenal karena mulai punya tip recorder dan radio 2 band pembelian mami, yang masih ada hingga kini tapi sudah rusak. apalagi sewaktu gelombang radio dari bandung bisa ditangkap dengan baik terutama ardan. tapi makin lupa juga saya saat kelas dua ini. suoalnya beragam banget musik yang saya dengar. oh ya ada love is on thewaynya saigon kick, yang ombie juga ngerti lagu ini dan sama-sama suka. mama don't you cry dari steelheart adalah suatu lagu indah yang akustik juga, tapi piano. eka suka lagu ini malahan semapat berdebat dengan saya tentang nama vokalis steelheart yang nyanyiinnya, antara matijevic atau matius.

di kelas tiga, tahu juga bahwa jon bon jovi ternyata nyanyiin lagu akustik di album blaze of glory, blood money. ada frente dengan bizzare love triangle, dan tentu saja dengan penuh penghargaan, saya harus menyebit nama nirvana yang mempolpulerkan unplugged by damned mtv. collective soul juga, satu band favorit saya juga nyanyiin akustik dalam lagu heaven's already here, debut album mereka. ada lagu gnr di sphagetti incident, lagu rahasia tanpa judul atau apapun di sampul, yang akustik juga. lagu asyik yang kemudian saya dapat liriknya dari internet. this is time for leaving, time keep on flying....

sepertinya harus buka-buka kamus nih, banyak yang terlupa. Oh ya lupa iwan fals dengan cikalnya juga termasuk untuk jaman smp. lagu itu kan jadi lagu belajar gitar saya sebab kuncinya mudah banget d a d g atau dgda . ombi pernah ngasih pinjem kaset bapaknya ke saya.

kemudian waktu kuliahan makin banyak koleksi akustik song saya, karena saya bela-belain gali-gali di pusat kaset bekas cihapit. lagu-lagu di masa sma yang saya sukai saya cari di sini.

apalagi stelah kenal samsul, my vocalis, yang juga punya kaset banyak, aku ngerekam-rekam, bikin kompilasi, diskusi akustik, bareng dia. jadi tahu lagu i'll cry for you versi akustik, dam menyukai juga versi piano misalnya rick price heaven knows juga fragilenya rp.

begitulah sekilas, hingga kini masih mengumpulkan dan mencari-cari versi akustik lagu-lagu, apa saja.

Tidak ada komentar: