Rabu, 11 Februari 2009

KD KEW

kdkew, bebas lah mau dibaca seperti itu atau mau dibaca huruf per huruf terserah saja. tapi jangan lantas mikir lalu menuduh saya mau menyebarkan kekurangajaran karena ada konotasi jelek akibat cara baca. so positive thinking, ok !

judul di atas tiba-tiba saja terlintas lagi di otak saya dan sayapun teringat sepuluh tahun silam saat saya masih di kelas dua sma. saat itu, seperti biasanya anak-anak sekolahan lagi hobi-hobinya ngebanggain kelasnya sendiri. maklum waktu itu kami sekelas lagi akrab-akrabnya sekaligus kompak-kompaknya. sebagai sesama penghuni kelas sedang digalakkan rasa kepemilikan dan solidaritas teman-teman sekelas. kamipun saling melontarkan ide untuk mengajukan nama bagi kelas tercinta kami.

km kami, abenk alias deden mengajukan nama yang keren SFODAFIT yang katanya singkatan dari Sinker FrOm Dua FIsika Tiga alias penenggelam dari 2 Fisika Tiga. Dua fisika tiga adalah kelas kami yang kebetulan bersebelahan dengan warung jajanan. Namun ide itu tidak diterima secara mulus oleh seluruh penghuni terakhir,eh penghuni kelas. Akhirnya bagi anak-anak yang punya ide dipersilahkan memberikan nama buat kelas tercinta. tetapi berhubung bel pulang maka anak-anak lebih memilih pulang daripada memikirkan nama buat kelas. cuma beberapa pejabat kelas saja yang berlagak puyeng berpikir.

dan memang dua hari berselang belum juga ada keputusan apa nama yang paling pas untuk kelas kami itu. kelas 2 fis dua, kelas tetangga, sudah punya nama kelas sendiri. konon namanya fistown, entah apa maksudnya. memang jaman-jaman itu di sekolahan kami, dan mungkin juga di lain sekolah sedang ramai-ramainya membuat geng anak sekelas dengan nama yang aneh-aneh. mungkin saat ini juga begitu dan mungkin bila nanti kita kan bertemu lagi, satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali, he he he. waktu kelas hiji, kelas satu-satu ngetop dengan nama bahihi alias barudak hiji-hiji, kelas satu enam, kelasnya ombie dan eka, bangga dengan nama cheopeofos yang katanya children of people from one six. kelas satu saya, satu delapan entah apa namanya yang jelas di kaos kelas terdapat tulisan 'bigtroop delapan'. buatan oeyan tuh desain kerennya. bikinnya di bandung c 59 lima belas ribuan. semua anak sekelas beli. kemudian di kakak kelasnya nama-nama seperti baracuda, phyranha dan lain sebagainya juga wara-wiri. kalau lagi acara olah raga kaos yang dipakai ya kaos kebanggaan kelas tersebut.

begitulah, maka di kelas duapun kelas kami ingin punya nama kelas yang cool buat dipajang di kaos kelas. akhirnya hari yang dinantipun tiba. anak-anak menunggu-nunggu apa nama bagi kelas tercinta ini. pagi-pagi saya sudah usul dengan nama yang saya pikirkan semalaman di rumah. namanya, ya itu tadi kdkew yang artinya kelas dekat kantin eh, warung sesuai letak geografis kelas kami. beberapa anak setuju karena namanya unik dan lucu juga kalau diucapin. tapi anak-anak perempuan tidak setuju karena namanya berbau-bau bau. dan lagi kurang memiliki nilai komersial yang tinggi. kurang ngejual lah begitu kata sebagian. teman saya, ombie termasuk yang setuju dengan nama yang saya usulkan. eka mengusulkan nama figaro sebagai nama kelas, diilhami dari lirik lagunya bohemian rhapsody milik queen, figaro magnifica. tapi artinya nggak tahu, kalau figanya agak bisa dimengerti yaitu kependekan dari fisika tiga. inipun kandas di tangan anak-anak. nama sfodafit pun ditolak forum karena dinilai terlalu sombong (ih, padahal nggak!)

kemudian ada usulan dengan nama UB 40 yang bermaksud Uloh Beni 40. Uloh dan Beni adalah nama teman kami yang, ah nggak usah dijelasin deh. nggak akan pada ngerti. sementara 40 bermaksud jumlah penghuni kelas kami. usul inipun cuma beredar di kalangan underground kami dan ketika diajukan ditolak juga karena terlalu menjagokan dua orang saja, terlalu pribadi. dan juga dua orang yang dimaksud merasa risi namanya diabadikan sebagai nama kelas. Di samping itu katanya sudah ada nama grup band yang bernama UB 40, malahan sudah ngetop sedunia. (pura-pura bego apa bego beneran nih ?). betul, lagian nama itu terlalu singkat buat dipajang di kaos kelas kami yang akan jadi kebanggaan hingga kelas tiga nanti.

hingga seminggu kemudian tim formatur pun akhirnya menemukan nama yang cocok untuk nama kelas kami. nama yang menurut saya kepaksa banget, meskipun idenya cukup brilian. nggak usah disebut siapa yang jadi formatur itu yang jelas saya termasuk salah seorang diantaranya. seperti biasa kalau kehabisan ide, orang menggabung-gabungkan nama depan untuk sebuah nama kelompok. misalnya grup band edane mulanya berasal dari nama eet dan ecky. lalu bip singkatan dari bongky indra pay. tofu berarti toni uya fla. juga nama-nama kelas yang telah disebut sebelumnya macam sfodafit, bahihi, cheopeopos dll-dll. kami memilih nama student physic three sebagai nama kelas yang kalau disingkat menjadi STUPHYTH. dibacanya stupid ? tuh kan sudah jadi masalah lagi. terserahlah apa kata kau !

Yang jelas ketika stuphyth dilemparkan ke depan forum kelas, hampir sembilan puluh persen anak kelas menyetujui nama ajaib ini. malahan memuji abis stuphyth yang katanya nama yang cool. heran juga padahal di kelak kemudian hari nama ini bisa jadi gunjingan orang sesekolah. namun anak-anak beralasan nama itu di samping cocok dengan singkatan kelas kita dalam bahasa inggris juga mencerminkan kepribadian dan kerendahhatian orang-orang kelas. biarpun di katakan stupid oleh orang lain lebih baik kita merasa sebagai orang stupid agar selalu ada motivasi untuk menjadi clever. lumayan juga ya filosofinya. bisa juga anak-anak kelas ngasih alasan yang jitu. ya sudah, akhirnya anak-anak setuju dengan nama stuphyth, pelajar fisika tiga.

nama keramat itu kemudian terpampang dengan jelas di kaos kelas kami yang sering kami pakai kala pelajaran olahraga atau pada saat ada acara kelas. ada juga yang dipakai buat tidur. habis katanya hangat, sih. nggak apa-apa juga, soalnya mereka udah bayar terserah mau dibakar juga nggak apa-apa. yang jelas semua anak kelas dua fis tiga punya kaos ini lengkap dengan baju baseballnya yang kedodoran gedenya. hanya patut disayangkan desain tulisannya dibuat tidak sesuai dengan desain aslinya yang kebetulan saya buat sebagus mungkin. untunglah anak-anak tidak terlalu mempertanyakan itu, mereka bersemangat saja dengan kaos kebanggaannya itu.

kaos itu sampai sekarang masih tersimpan rapi di lemari baju saya meskipun sudah lecek sekali namun kurawat secinta mungkin. sejarahnya panjang sih. kenangannya masih melekat hingga saat ini dan hingga entah. dan kdkew ? jangan khawatir di beberapa benak teman-teman saya nama itu masih menjadi nama alias buat stuphyth.
teman-teman, ooiii, aku kangen nih !

Tidak ada komentar: