Senin, 09 Maret 2009

Sabda Alam

Apakah lagu sabda alam dari chrisye merupakan lagu reliji ? mungkin juga

Sabda alam

Kicau burung bernyanyi
Tanda buana membuka hari
Dan embunpun memudar
Menyongsong fajar

Sejenak ku terlena
Akan kehidupan yang fana
Nikmat alam semesta
Nusa indah nirmala

Reff :
Serasa pagi tersenyum mesra
Meniup bayu membangkit sukma
Adakah esok tersenyum jua
Memberi hangatnya sejuta rasa

Sejenak……

Sabda alam, menghanyutkan suasanaku, kadangkala kebosanan mencekam jiwa
Sabda alam, membuai
Rasa cinta rasa risau berpadu satu

Reff :

**

Benar-benar lagu khas tahun 80-an. Rada-rada mirip lagu hening (chrisye) atau lagu dian pramana poetra yang berjudul kau seputih melati. Konon iwa k ngefans sama lagu ini, sehingga salah satu lagunya di album topeng (hits bebas) ada yang terinspirasi dari lagu ini, meskipun hanya sebatas dua kata….sabda alam….sabda alam. Bener, dulu tidak begitu ngeh sama lagu sabda alam ini, sehingga tidak sempat protes kepada iwa k yang katanya ngefans tapi kurang ajar dalam merapkan lagu indah ini.

Karena temanya bukan cinta biasa tetapi renungan tentang alam, maka dengan suka cita lagu ini masuk list lagu reliji. Coba simak liriknya yang menghanyutkan. Bayangkan kita berada di suatu pagi atau subuh, tanpa beban pikiran, tanpa utang, tanpa tugas sekolah atau kerja, tanpa televisi yang sering mencuri waktu kita, sementara itu udara yang masih segar, langit biru, pepohonan.hijau, dan kicau burung. Padahal setelah itu kita kembali ke kehidupan yang nyata.

Makanya seperti kata chrisye, …sejenak ku terlena… akan kehidupan yang fana…. Ini sebuah perenungan (baca : reliji). Tidakkah kita termenung meskipun sejenak, apalagi di awal dan akhir lagu ada suara kicau burung. Such a great song.

Secara memori, lagu ini membangkit kenangan karena memang lagu lama. Lagu tahun 80-an (apa 70 ?) ini mengingatkan aku di masa-masa belum banyak beban dengan segala kebebasan dan kepolosan. Sebagai pengobat rindu di masa-masa itu. Aduh, ingin lagi ke masa lalu euy……

1 November 2007

Tidak ada komentar: